ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN SISWA MEMBUAT PETA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, A. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101-116. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2155
Baidowi, A. (2015). Universitas Negeri Malang. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48-58. http://dx.doi.org/10.17977/um017v20i12015p048
Gunawan, R. (2021). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). Pjbl untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran pjbl dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 20. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17-28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Isrok'atun, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958
Maduwu, W. W. (2022). PELAYANAN KLINIK GLORIA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN (IMPLIKASI LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING). FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(1), 55-66. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/faguru/article/view/501
Meidina, E. (2021). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning bahan daur ulang pada pembelajaran Tematik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya). http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4359/
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Murjainah, M., Arifati, M., & Houtman, H. (2020). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARADUA OKU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.3245
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143
Ningsih, T. (2022). Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1385-1395. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233
Parni, P. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Cross-border, 3(2), 96-105. http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/501
Rahman, M. K., Suharto, B., & Iriani, R. (2019). Meningkatkan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model PjBL berbasis STEAM pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 10-22. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.306
Ramadhan, F. N., & Sariyatun, S. (2020). Nilai-nilai luhur Tari Kedempling dalam pembelajaran IPS berbasis teori belajar behavioristik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), 114-124. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/16677
Rizky, N., Fuadiah, N. F., & Murjainah, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PETA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1128-1138. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.45
Rohmatilahi, L. ., Kholisah, N. ., Arifin, M. H. ., & Wahyuningsih, Y. . (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3528
Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270-4276. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3528
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671-680 . https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22478
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127-145. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/372
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33-40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Wijaya, H., Haryadi, H., & Nuraini, B. (2022). Analisis Kualitas Pembelajran IPS Melalui Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 137-148. https://intancendekia.org/jurnal/index.php/JPIn/article/view/368
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 2(3), 448-453. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8729
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15-22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50303
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Marta Aulia, Murjainah, Maharani Oktavia
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International