ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN SISWA MEMBUAT PETA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Marta Aulia, Murjainah Murjainah, Maharani Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Project Based Learning dalam mengoptimalkan keterampilan siswa membuat peta pada pembelajaran IPS. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data dan penyajian data. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Negeri 17 Palembang sebagai respoden yang mengikuti tes dan responden dalam wawancara, guru kelas V sebagai responden wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dalam mengoptimalkan keterampilan siswa membuat peta pada pembelajaran IPS ditemukan 80% berhasil sangat baik, 15% baik, 5% cukup, 0 gagal. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning mampu mengoptimalkan keterampilan siswa membuat peta.

Keywords


Project Based Learning; Model Pembelajaran; Pembelajaran IPS; Keterampilan Siswa

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, A. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101-116. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2155

Baidowi, A. (2015). Universitas Negeri Malang. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48-58. http://dx.doi.org/10.17977/um017v20i12015p048

Gunawan, R. (2021). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). Pjbl untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran pjbl dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 20. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17-28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Isrok'atun, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958

Maduwu, W. W. (2022). PELAYANAN KLINIK GLORIA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN (IMPLIKASI LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING). FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(1), 55-66. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/faguru/article/view/501

Meidina, E. (2021). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning bahan daur ulang pada pembelajaran Tematik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya). http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4359/

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Murjainah, M., Arifati, M., & Houtman, H. (2020). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARADUA OKU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.3245

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143

Ningsih, T. (2022). Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1385-1395. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233

Parni, P. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Cross-border, 3(2), 96-105. http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/501

Rahman, M. K., Suharto, B., & Iriani, R. (2019). Meningkatkan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model PjBL berbasis STEAM pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 10-22. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.306

Ramadhan, F. N., & Sariyatun, S. (2020). Nilai-nilai luhur Tari Kedempling dalam pembelajaran IPS berbasis teori belajar behavioristik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), 114-124. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/16677

Rizky, N., Fuadiah, N. F., & Murjainah, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PETA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1128-1138. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.45

Rohmatilahi, L. ., Kholisah, N. ., Arifin, M. H. ., & Wahyuningsih, Y. . (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3528

Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270-4276. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3528

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719

Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671-680 . https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22478

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127-145. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/372

Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33-40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670

Wijaya, H., Haryadi, H., & Nuraini, B. (2022). Analisis Kualitas Pembelajran IPS Melalui Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 137-148. https://intancendekia.org/jurnal/index.php/JPIn/article/view/368

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 2(3), 448-453. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8729

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15-22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50303

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marta Aulia, Murjainah, Maharani Oktavia

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International