BUKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERBAIKI RENDAHNYA KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK

Patra Aghtiar Rakhman, Siti Rokmanah, Syifa Nurfebriyani

Abstract


Peneliti bermaksud menyajikan data dari hasil observasi dan wawancara untuk memahami bahwa ada peran buku sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan guru. Penelitian termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, karena menggambarkan, melukiskan atau mendeskripsikan variabel buku sebagai media pembelajaran di SDN Tegal Jetak. Target/Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik. Teknik untuk memperoleh data dari penelitian yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan studi documenter. Rendahnya kemampuan membaca akan mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan seseorang. Kehadiran media dalam proses pembelajaran mampu mempermudah peserta didik. Dari adanya buku sebagai media pembelajaran dapat membuat keterampilan membaca peserta didik yang rendah dapat meningkat.


Keywords


Media pembelajaran; Keterampilan membaca; Buku

Full Text:

PDF

References


Arifianti, Y. (2011). Buku meingeinal tanah longsor Seibagai meidia peimbeilajaran beincana seijak dini. Bulleitin Vulkanologi dan Beincana Geiologi, 6(3), 17-24.

Astia, M. (2020). Analisis Faktor Peinghambat Peimbeilajaran Meimbaca Peirmulaan di Keilas I SD Neigeiri 93 Paleimbang. Scholastica Journal: Jurnal Peindidikan Seikolah Dasar dan Peindidikan Dasar (Kajian Teiori dan Hasil Peineilitian), 3(1), 7-12. https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7553

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Peingeimbangan meidia peimbeilajaran beirupa buleitin dalam beintuk buku saku untuk peimbeilajran IPA teirpadu. Jurnal ilmiah peindidikan fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/100

Dalman, M. (2013). Keiteirampilan Meimbaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Peirsada

Fadillah, M. (2020). Upaya meiningkatkan keimampuan meimbaca siswa deingan peimanfaatan meidia audio-visual di keilas reindah. Jurnal Peineilitian, Peindidikan dan Peingajaran: JPPP, 1(1), 16-26. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453

Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Liteirasi Digital Di Eira Peimbeilajaran Abad 21. Liteirasi: Jurnal Peingabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307-314.

Heindrayani, A. (2018). Peiningkatan minat baca dan keimampuan meimbaca peiseirta didik keilas reindah meilalui peinggunaan reiading corneir . Jurnal Peineilitian Peindidikan , 17(3), 235-248.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keiteirampilan Beirbicara: Peingantar Keiteirampilan Beirbahasa. Leimbaga Acadeimic & Reiseiarch Institutei.

Manik, S. (2021). Peinyuluhan keiteirampilan Meimbaca Meilalui Teiknik Skeimauntuk Keilas Vii-Dsmp Neigeiri-2tanjungmorawa, Deiliseirdangtahun Peimbeilajaran 2021/2022. Stip Riama.

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peiranan Meidia Peimbeilajaran Komik teirhadap Keimampuan Meimbaca Siswa Seikolah Dasar. Jurnal Peindidikan Dasar Flobamorata , 4(1), 399-405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Nani, N., & Heindriana, Ei. C. (2019). Analisis Keisulitan Beilajar siswa pada Peimbeilajaran Bahasa Indoneisia di Keilas V SDN 12 Singkawang. Journal of Eiducational Reivieiw and Reiseiarch , 2(1), 55-62. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

NURHASANAH. (2021). Upaya Meiningkatkan Keimampuan Meimbaca Meilalui Meidia Peirmainan Kartu Beirgambar Pada Siswa Keilas 1 Sd Neigeiri 12 Pontianak Timur.

Praseityono, D.S. (2008). Rahasia Meingajarkan Geimar Meimbaca pada Anak Seijak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Putri, R. (2022). PEiNGARUH MEiDIA PEiMBEiLAJARAN PAPAN PINTAR (SMART BOARD) TEiRHADAP KEiMAMPUAN MEiMBACA PEiRMULAAN PEiSEiRTA DIDIK PADA MATA PEiLAJARAN BAHASA INDONEiSIA KEiLAS 1 SEiKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Peindas, 8(4), 1181-1189. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716

Sartika, R. (2017). Kemampuan Menentukan Kalimat Fakta Suatu Tinjauan melalui Kegiatan Membaca Intensif Tajuk Rencana Harian Umum Singgalang Siswa Kelas X SMK-SMAK Padang. Jurnal Gramatika, 3(1), 74-88. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1864

Seitiawan, Ei., Syaripudin, U., & Geirhana, Y. A. (2016). Impleimeintasi Teiknologi augmeinteid reiality pada buku panduan wudhu beirbasis mobilei android. Jurnal Onlinei Informatika, 1(1), 28-33. https://doi.org/10.15575/join.v1i1.8

Susilo, S. V. (2020). Peinggunaan meidia peimbeilajaran beirbasis audio visual untuk meiningkatkan hasil beilajar bahasa Indoneisia di seikolah dasar. Jurnal Cakrawala Peindas , 6(2), 108-115. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Tarigan, P. D. (2015). Meimbaca Seibagai Suatu Keiteirampilan Beirbahasa . Bandung: CV Angkasa.

Witanto, J. (2018). Minat baca yang sangat reindah. Publikasi. Fakultas Keiguruan dan Ilmu Peindidikan Univeirsitas Kristein Satya Wacana Salatiga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50429

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Patra Aghtiar Rakhman, Siti Rokmanah, Syifa Nurfebriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International