PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART MAZE GAME PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS IV SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN KABUPATEN PADANG LAWAS

Ika Damayanti Nasution, Fahrur Rozi, Wildansyah Lubis, Irsan Rangkuti, Lala Jelita Ananda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Smart Maze Game Pada Tema 9 Subtema 3 di kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Desain Penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian produk yang dikembangkan  yaitu Media Pembelajaran berbasis Smart Maze Game. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 52,58 dengan kriteria “Kurang Cukup” dan nilai post-test mendapatkan nilai rata-rata 88,08 (Baik Sekali) dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai post-test semua peserta didik melewati kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93% dengan presentase ”Sangat Layak”, validasi ahli media sebesar 96% dengan presentase ”Sangat Praktis”. Hasil uji keefektifan media Smart Maze Game menjadi 88,08% (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan ”Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Smart Maze Game pada tema 9 subtema 3 di kelas IV dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Keywords


Media Pembelajaran; Smart Maze Game; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aftiani A. (2018). Pengembangan Media Labirin Math Story dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang Kelas V SDI Almaarif 01 Singosari. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/14318/

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bahri, dkk. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwita, A. Dkk. (2017). Pengembangan Media Permainan Tebak Ladas (Labirin Cerdas) Tema Indahnya Negeriku untuk Kelas IV Semester II Sekolah DasaR . Seminar Nasional, h. 578-587. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2017/pgsd20172/paper/view/2159

Ginanjar, B., & Santi, A. U. P. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PELATIK (PETUALANGAN LABIRIN TEMATIK) PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 TENTANG CITA-CITAKU KELAS IV SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 535-545. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.777

Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(2). https://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7538

Henadia. (2022). Pengembangan KIT Media Pembelajaran Maze pada Materi Organ Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/42867/

Hermawan, H. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Ikhsan, N. (2014). Asyik Bermain Maze. Jakarta: Cikal Aksara.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Maryanto. (2016). Tema 9 Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryanto. (2016). Tema 9 Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moch. Riva V. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Energi Alternatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/29123/

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik/Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pramono, S. (2014). Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, Dkk. (2012). Pencarian Rute Terdekat Pada Labirin Menggunakan Metode A*. Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro, 1-4. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/187388

Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. (2015). Media Pengajaran. Bengkulu: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika : untuk guru, calon guru, orangua, dan para pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. Dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. (2017). Media Pembelajaran : Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tafonao. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No (2) hal. 106.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Umar. (2014). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 133-136. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/364

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Penadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50927

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Damayanti Nasution, Fahrur Rozi, Wildansyah Lubis, Irsan Rangkuti, Lala Jelita Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International