PENGGUNAAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD NEGERI 104186 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Ester Vika Siregar, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, Anton Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan buku saku berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 6 panas dan perpindahannya di kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui buku saku berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 3 pengaruh kalor dalam kehidupan manusia di kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat tahun pembelajaran 2022/2023. Dan hasil analisis pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 46,15% sedangkan pada siklus II telah menjadi peningkatan yang bagus menjadi 88,46%. Sedangkan rata-rata dalam pre test di dapat  54,82. Di siklus I di dapat rata-rata sebesar 67,15 sedangkan di siklus II mendapat kenaikan yang tinggi rata-ratanya itu 80,19. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan peneliti ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar buku saku berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V sehingga tidak perlu dilakukan Tindakan perbaikan lagi. Jumlah siswa yang lulus dan mencapai KKM pada ujian pendahuluan, siklus I, siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas dan mencapai KKM pada uji pendahuluan bagi siswa yang telah lulus sebanyak 5 siswa dan yang tidak lulus sebanyak 21 siswa. Pada siklus I yang lulus hanya 12 siswa dan yang tidak lulus 14 siswa. Pada siklus II yang telah lulus 23 siswa yang tidak lulus sebanyak 3 siswa.


Keywords


Buku Saku; Higher Order Thinking Skill (HOTS); Berpikir Kritis; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 0–15.

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185-199. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929

Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL BASICEDU: Research & LearninginElementary Education, 4(3), 577–585. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Mukarramah Mustari, Y. S. (2017). Pengembangan media gambar berupa buku saku Fisika SMP pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113-123. http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1583

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

R, N., & Mucti, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Lkm Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. In Journal of Honai Math (Vol. 2, Issue 2, pp. 117–128). https://doi.org/10.30862/jhm.v2i2.67

Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal abdidas, 3(3), 519-524. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.621

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

VIA AGUSTIEN, A. (2014). PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI BAHAN AJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9151

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139-150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267

Hidayah, N., & Rofi'ah, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) di Kelas VI. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 120-126. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11001

Husna, A., & Yazidah, N. I. (2020, November). Pengembangan Buku Saku Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Program Linear dan Matriks. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 1-6). https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1084

Sinaga, M., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301-1314. http://repository.uinsu.ac.id/16048/

Khoiriah, K., Jalmo, T., & Abdurrahman, A. (2020). Implementasi assessment for learning berbasis higher-order thinking skills untuk menumbuhkan minat baca. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 176-183. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v6i2.22817

Selpiyanti, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VII SMP (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/9049/

Yarun, A., & Markus, M. (2023). Higher Order Thinking Skill (HOTS) Students in Indonesia and Saudi Arabia (Comparative Study of Assessment Application in Schools). Journal of Contemporary Islamic Education, 3(2), 96-109. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/cie/article/view/3787




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50947

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ester Vika Siregar, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, Anton Sitepu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International