PERAN GURU PENGGERAK SEBAGAI AGEN PERUBAHAN PENDIDIKAN

Waliyul Maulana Siregar, Septian Prawijaya, Fandi Setiawan, Suci Rahmania Putri

Abstract


Pendidikan membantu seseorang menjadi lebih kritis dalam berpikir dan bertindak. Pendidikan memfasilitasi pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai, moral, kepercayaan, dan kebiasaan. Pendidikan berpusat pada siswa dengan berfokus pada pengalaman, perspektif, latar belakang, bakat, minat, kapasitas, dan kebutuhan pembelajaran. Praktik pendidikan didesain agar tercipta sikap kreatif untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan. Strategi pendidikan baru harus mendorong interaksi antara guru dan siswa. Guru harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri sesuai dengan kebijakan pendidikan yang berlaku saat ini. Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan program guru penggerak dalam pembelajaran merdeka belajar. Guru penggerak adalah orang yang mampu membantu siswa mengembangkan pemikiran dan keterampilan mereka secara menyeluruh.


Keywords


Guru Penggerak; Agen Perubahan; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Bilda, W., & Fadillah, A. (2020). An Analysis of Students in Independent Learning of Analytic Geometry During the COVID-19 Pandemic. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 166-172. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2575

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran berbantuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369

Herwani, H. (2022). PERAN GURU SEBAGAI PELAKU PERUBAHAN. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(3), 391-396. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/178

Kholisa Dinuka, A. (2020). Lebih Dari Guru Biasa, Guru Penggerak Kemendikbud Bakal Punya Tugas Ini. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-5079717/lebih-dari-guru-biasa-guru-penggerak-kemendikbud-bakal-punya-tugas-ini

Loilatu, S. H., Mukadar, S., Kasmawati, K., & Hentihu, V. R. (2021). Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Di SD Alhilaal Samalagi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(02), 65-73. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1036

Lunenburg, F. C., & Ornstein, C. AC (2004). Educational Administration: Concepts and Practices. 4th ed. Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Pendi, Y. O. (2020). Merdeka belajar yang tercermin dalam kompetensi profesional guru bahasa inggris SMP Negeri 01 Sedayu. In Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 291-299. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7743

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2022 tentang Guru Penggerak. (2022). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590-597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649

Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51-56. https://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/7633

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. https://fkipuki.org/ejournal/index.php/jdp/article/view/53

Syahril, I. (2020). Kesiapan dan Adaptasi Kepmimpinan dan Manajemen Sekolah Menyongsong" New Normal" Pendidikan. Webinar Nasional LP2KS, 9.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2020). Jakarta: Pemerintahan Republik Indonesia

Yani, H. S., Nurtiana, N. R., & Faiz, A. (2021). Peran Guru Dalam Pembangunan Mutu Pendidikan Melalui Proses Pembelajaran. Prosiding FKIP UMC, 3(1), 168-173. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2233




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.51136

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Waliyul Maulana Siregar, Septian Prawijaya, Fandi Setiawan, Suci Rahmania Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International