PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dari kelas yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning berbantuan media lingkungan alam dengan kelas yang hanya menggunakan model konvensional saja; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inquiry learning berbantuan media lingkungan alam terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design.Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal kemampuan berpikir kritis dengan bentuk uraian (essay). Teknis analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U-Test dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukan 1) model inquiry learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan model pembelajaran inquiry learning berbantuan media lingkungan alam. 2) Model inquiry learning berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117-126. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.3
Asrianti, M., & Purwanti, K. Y. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv. Janacitta, 4(1).
Fithriyah, I., dkk. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang.
Haerullah, A., & Said. H. (2019). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif. D. I. Yogyakarta : CV Lintas Nalar
Haryanti, Y. D., & Pebriyanto, B. (2019). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Affandi, A. K., Setiawan, A., & Windusari, Y. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Matematika, Ipa, Dan Seni Bagi Pendidikan Dan Pengembangan Kreatifitas Anak Di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 4(1), 16-23. https://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1578
Rasma, R., & Hamsa, A. (2023). Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca Siswa SMP 99 Malengkeri Kemitraan Program Kampus Mengajar dan Siswa SMP Muhammadyah 5 Mariso Nonkemitraan Program Kampus Mengajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 832-838. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2749
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2019). Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta : CAPS
Thaariq, S. M. H., dkk. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2).
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
Widyastuti, F. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.581
YANTI, R., Siregar, N., & Nasution, N. F. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LUMUT KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 2(2), 1-7. https://www.jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1973
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.51683
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurhaliza, Fitri, Erdi Guna Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International