ANALISIS SIKAP NASIONALISME SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI RUKUN DALAM PERBEDAAN KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ricky Ricky, Rini Setyowati, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan; 2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan. 3). Mendeskripsikan solusi mengatasi hambatan dalam penanaman sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket sikap nasionalisme siswa dan pedoman wawancara semi terstruktur (Semistructure Interview). Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1). Sikap nasionalisme siswa kelas VI masuk dalam kategori kuat, dengan perolehan total skor 2.462 atau 71,73%. 2). Faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme siswa adalah faktor motivasi diri siswa, faktor keluarga, dan faktor sekolah. 3). Solusi untuk mengatasi hambatan dalam penanaman sikap nasionalisme siswa adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan kepala sekolah, guru dengan orang tua siswa, dan guru dengan siswa.


Keywords


Sikap Nasionalisme; Mata Pelajaran IPS; Rukun Dalam Perbedaan

Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57-62. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Dewi, D. A., Furmasari, Y. F., Septianingrum, A. D., & Yunianti, V. D. (2021). Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Penguat Sikap Bela Negara Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4683-4688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1550

Fauziah, I. N. N., & Dewi, D. A. (2021). Membangun semangat nasionalisme mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 93-103. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.30

Hasanah, R. (2016). Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan. Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/3511/

Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Kurniawan, N. (2019). Analisis sikap siswa terhadap ipa di smp kabupaten muaro jambi provinsi jambi. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 4(3), 111-127. https://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i3.4150

Kurniawan, F., & Ruslan, R. (2018). PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA SISWA SD NEGERI UNGGUL SIBREH. Elementary Education Research, 3(1),114-118. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/8648

Luthfiyah, J., Nurfadhilah, S., & Oktrifianty, E. (2022). Analisis Sikap Nasionalisme pada Buku Tematik Siswa Kelas IV di SDN Karawaci Baru 4. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 653-663. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6664

Maharani, L. N. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Di MTs Negeri 3 Ponorogo. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://eprints.umpo.ac.id/5989/

Nasution, E. M., Suci, F. P., & Rafiq, M. (2022). PENERAPAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(3), 188-193. https://doi.org/10.56832/pema.v2i3.305

Nursamsi, D. J., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341-8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8-15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Siregar, A., Kalsum, U., & Rambe, S. M. (2022). Pengaruh Ruang Lingkup IPS Terhadap Perkembangan Siswa di MTS PAB 2 Sampali. Lokakarya Journal of Research and Education Studies, 1(1), 1-10. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/article/view/1446

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yanti, P. G., & Ibrahim, N. (2019). Menyoroti Sejarah Perjuangan Bangsa Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa Pendidikan Dasar Di Daerah Perbatasan Kalimantan Barat Dan Kalimantan Utara. In Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah (Vol. 1, No. 1).




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.51687

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ricky, Rini Setyowati, Evinna Cinda Hendriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id