MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MELALUI BUKU DIGITAL FLIPBOOK

Suryana Rajagukguk, Wirda Hayatina Lubis, Ade Hermansyah Pohan, Susanna Ginting, Saronom Silaban

Abstract


Kajian ini bermaksud  untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan buku digital flipbook sebagai alternatif belajar yang bersifat inovatif sebagai upaya memanfaatkan minat belajar  siswa pada pelajaran IPA terkhusus materi sumber energi. Selain itu, kajian ini juga bermaksud dapat mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi dalam pembelajaran karena diwakili dengan adanya buku digital flipbook, dapat mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran karena tidak harus membawa banyak buku bacaan yang berat, dan dapat membantu memudahkan siswa belajar karena fitur multimedia dapat menjadi tutor. Kajian ini merupakan kajian kuantitatif dengan siswa kelas IV SDN 064992 Kec. Medan Amplas sebanyak 20 sebagai subyek penelitian, data dikumpulkan melalui angket minat belajar siswa yang kemudian  dianalisis dengan analisa data kuantitatif. Data kuantitatif yang didapat dari hasil angket minat belajar siswa. Selaras hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan buku digital flipbook mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan persenatse rerata 90,8% dan kategori sangat baik.


Keywords


Buku Digital; IPA; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1231-1240. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5034

Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hutajulu, C. S. M., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3002-3010. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2546

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 82-88. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7540

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Wahiddah, S. A. N., Lathipah, L., Indaryanti, D., Fadilah, Z. P., & Aeni, A. N. (2022). Cerita Ihsan: E-book Interaktif sebagai Upaya Pengembangan Materi Ulul Azmi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4182-4191. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2778

Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251-262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52476

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suryana Rajagukguk, Wirda Hayatina Lubis, Ade Hermansyah Pohan, Susanna Ginting, Saronom Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International