PENGARUH METODE STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI KELAS V SD NEGERI 94 SINGKAWANG

Ruri Azuri, Susan Neni Triani, Rini Setyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan metode storytelling berbantuan media gambar berseri dengan keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional pada pembelajaran bahasa indonesia materi cerita fiksi kelas V SD Negeri 94 Singkawang; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode storytelling berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia materi cerita fiksi kelas V SD Negeri 94 singkawang. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental, dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang yang berjumlah 51 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik non probability dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan.  Teknik analisis data yang digunakan uji t dua sampel dan uji effect size. Uji persyarat analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, hasil analisas perbandingan dapat dilanjutkan dengan statistik parametrik. Hasil analisis uji prasyarat didapatkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian, 1) menunjukkan bahwa = 3,9841 > = 2,0095, yang berarti terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa yang signifikan antara siswa yang diajarkan metode storytelling berbantuan media gambar berseri dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional; 2) Metode storytelling berbantuan media gambar berseri berpengaruh tinggi terhadap keterampilan berbicara siswa dengan hasil uji Effect Size =1,25. Sehinga di dapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode storytelling berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia materi cerita fiksi kelas V SD.


Keywords


Metode Storytelling; Media Gambar Berseri; Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Amrah, A., Sahabuddin, E. S., & Mursyidin HM, M.H. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Athirah I Makassar. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahrun, N. A., Akib, E., Arief, T. A., & Hambali, U. (2022). Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Panggung Bonekaterhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sangir Kota Makassar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1385-1394. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2244

Dhieni. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djuanda, D., Resmini, N., & Indihadi, D. (2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hairuddin. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitia. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Kusuma, W. E., Husniati, H., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Paired Story Telling terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 50-56. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/74

Latif, A. (2012). The Miracle of Storytelling. Jakarta: Zikrul Hakim.

Nagita, T., Hambali, H., & Adam, A. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Mangkura IV Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2), 164-176. https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1078

Ngalim, P. (2004). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Nurhasanah, Leo, S., & Silitonga, H.T. (2015). Pengaruh Problem Basid Learning Pada Hasil Belajar Fisika. Jurnal Online Indonesia, 1-12.

Nusantari, A. (2012). Stategi Pengembangan Perpustakaan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Pebriani, N. L. P. E., Garminah, N. N., & Arcana, I. N. (2014). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Gugus XII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3820

Sapari. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: Deepublish.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.52487

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ruri Azuri, Susan Neni Triani, Rini Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International