PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA SUNDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SDN 1 SUKAMANAH

Patra Aghtiar Rakhman, Siti Rokhmanah, Salsa Nazela

Abstract


Bahasa sunda merupakan warisan sejarah yang harus dilindungi dan dilestarikan, oleh karena itu guru berperan penting mengembangkan bahasa sunda dalam pembelajaran muatan lokal. Berdasarkan permasalahan diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam keterampilan pembelajaran bahasa sunda dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar bahasa sunda di SDN 1 Sukamanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif dengan maksud untuk memudahkan pengumpulan data yang akurat sesuai dengan situasi sebenarnya dalam mendukung data. Pembelajaran bahasa sunda masuk pada muatan lokal yang terdapat dalam struktur kurikulum dan menjadi suatu keharusan untuk mempelajarinya agar tetap terjaga keaslian dan kelestariannya. Bahasa sunda menjadi bahasa ibu yang sudah sedikit demi sedikit perannya mulai terlupakan. Dengan demikian guru dituntut untuk memiliki sebuah keterampilan untuk tetap melestarikan bahasa sunda didalam pembelajaran. Bahasa sunda menjadi bahasa yang terdengar asing bagi generasi sekarang karena terdapat beberapa siswa yang sudah menggunakan bahasa nasional sejak kecil, maka dari itu guru dituntut untuk mengembangkan pembelajaran bahasa sunda menjadi lebih kreatif dan menarik.


Keywords


Bahasa Sunda, Keterampilan, Kreatif

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anas. (2022). SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA di ERA GLOBALISASI. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 110–130. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/566

Asia, N. (2019). Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Di Smp Muhammadiyah Soni Dampal Selatan. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 253–261. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i1.36

Brata, Y. R., & Wijayanti, Y. (2020). Dinamika Budaya Dan Sosial Dalam Peradaban Masyarakat Sunda Dilihat Dari Perspektif Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 1. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3380

Cahyati, N., & Ramdhani, S. (2022). Perbandingan Perkembangan Bahasa Anak Ditinjau dari Perspektif Pola Pengasuhan Kebudayaan Sunda dan Kebudayaan Sasak. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 39–46. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2192

Iksan, S., Teapon, A., & Umar, N. Do. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal JBES, 2(2), 16–24. https://journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET/article/view/1214

Kuswariningsih, S. (2016). Korelasi kebiasaan belajar, kreatifitas belajar dan prestasi belajar ips. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 389–395. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1690

Meylyarni, K. (2018). Peran Lingkungan Masyarakat Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 8-9 Tahun.

Nugraha, E., Wawan, W., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahasa Sunda Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Masyarakat Kampung Balandongan Kabupaten Bandung Barat. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 425-434. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/774

Ristiani, I. (2021). Pelestarian Bahasa Dan Budaya Daerah Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Bahasa Bermedia Audio Visual. Unika Atma Jaya, 13(15), 179-185.

Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah, 14(1), 18-37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170

Susanto, H. (2020). Buku Profesi Keguruan.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52615

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Patra Aghtiar Rakhman, Siti Rokhmanah, Salsa Nazela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International