PENGARUH MEDIA MATHPLAYGROUND TERHADAP MINAT BELAJAR METEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Syahrul Ramadani Setyawan, Wulan Sutriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mathplayground untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa kelas IV. Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji-t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Artinya nilai Sig. (2-tailed) < 0, 05 yaitu 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran mathplayground untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar.


Keywords


Mathplayground; Interest In Learning; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Adrian, Q. J. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51-54. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis hubungan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa smp dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087-1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203-3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Elvionita, D., Fatimatuzzahroh, F. S., & Sutriyani, W. (2022). Peran Model Cooperative Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Diagram Kelas V SDN 03 Menganti. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(3), 263-268. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i3.772

Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan minat belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR) pada siswa sekolah dasar. Visipena, 9(1), 67-80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358. http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1486

Nabila, A. R., Putri, D. P., Erawati, P., & Marini, A. (2022). PEMANFAATAN GAME EDUKASI ONLINE MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 355-362.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123-128.

Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.524

Sari, R. T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Spldv Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 59-68. https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/179

Wibowo, A. (2020). Pemanfaatan Game Matematika Daring untuk Penilaian Portofolio Pada Siswa Sekolah Dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 50-64. https://doi.org/10.33654/math.v6i1.909

Yulia, E. R., & Asharianti, T. (2022). Potensi Math Playground dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) 3(1), 45-52.

Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan aplikasi construct 2 pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 527-533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52712

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syahrul Ramadani Setyawan, Wulan Sutriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International