ANALISIS PENGIMPLEMENTASIAN NILAI KEBHINEKAAN DAN NILAI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Indah Meilanda, Sani Safitri

Abstract


Abstract
This research aims to analyze and determine the implementation of diversity values and Pancasila values in class V E students at SD Negeri 78 Palembang. This type of research is qualitative in the form of literature review and observation. The data collection technique is in the form of interviews. The subjects in this research were 18 class V E students at SD Negeri 78 Palembang, consisting of 11 male students and 7 female students. The results and discussion of this research are the implementation of the values of diversity and Pancasila values in class V E students at SD Negeri 78 Palembang. It is known that the ecosystem in class V E at SD Negeri 78 Palembang has implemented the values of diversity and Pancasila well and applied them in everyday life.
Keywords: Implementation, Value Diversity, Pancasila Value

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi nilai-nilai kebhinekaan dan nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas V E SD Negeri 78 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berupa tinjauan pustaka dan observasi. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V E SD Negeri 78 Palembang yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai kebhinekaan dan nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas V E SD Negeri 78 Palembang. Diketahui ekosistem kelas V E SD Negeri 78 Palembang sudah mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan dan Pancasila dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Implementasi, Nilai Kebhinekaan, Nilai Pancasila


Keywords


Implementasi, Nilai Kebhinekaan, Nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Irawati, D.,dkk. 2022. Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6(1), 1224-1238.

Mayasari, S. 2018. Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat, Jurnal Komunikasi. 9 (2), 190-196.

Pertiwi, A. D dan Dewi, D.A. Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Landasan Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Kewarganegaraan.5(1), 212-221.

Rahman.,dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Arurwatul Wutsqa Kajian Pendidikan Islam. 2(1),1-8.

Riyanto, Slamet.,dkk. 2023. Bhineka Tunggal Ika Nilai dan Formasinya Dalam Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Legislasi Indonesia, 20(2), 1-13.

Santoso, G.,dkk. 2023. Implementasi Bhineka Tunggal Ika dan Cita-Cita Luhur Bangsa Indonesia Versi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2),246-255.

Sari, M dan Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Reseach) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6(1), 41-53.

Yuhana, A.N dan Aminy, F. A. 2019. Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 96.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52848

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Meilanda, Sani Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id