KEEFEKTIFAN KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurul Arfika, Fince Putri Yeni Purba, Rani Adillah, Biworo Frida Gurning, Saronom Silaban

Abstract


Kajian ini berlandaskan dengan dari situasi pendidikan di sekolah dasar yang masih minim akan perubahan dalam pemberian materi secara digital. Selain itu, kurangnya variasi tersebut membuat siswa kurang tertarik dan tidak mau ikut andil dalam belajar. Kajian ini bermaksud memaparkan keefektifan komik digital dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar IPA. Dengan kajian yang digunakan adalah kuantitatif. Kajian dilakukan di SDN 060834 Medan dengan siswa kelas VI sebanyak 25 siswa sebagai subyek kajian, dengan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara dan angket. Dan selanjutnya data  itu dianalisis melalui deskriptif kuantitatif yang bermakna memaparkan hasil peningkatan minat belajar siswa yang didapat dari sebaran angket sebelum dan setelah diterapkannya komik digital dalam belajar  IPA. Hasil kajian memaparkan dengan diterapkannya komik digital minat siswa menjadi meningkat, terbukti peningkatan sebanyak 43% dari  sebelum dengan komik digital minat siswa hanya 47% capaian kurang baik dan kini setelah diterapkan komik digital menjadi 90%  capaian sangat baik. Sehingga dikonklusikan komik digital yang diterapkan dalam belajar IPA memiliki keefektifan yang sangat tinggi dalam meningkatan minat belajar siswa sekolah dasar.


Keywords


IPA; Komik Digital; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2020). Metode penelitian kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220-235. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154-162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Kusumadewi, R. F., NEOLAKA, A., & Yasin, M. (2020). Bahan Ajar Komik Matematika Berbasis Digital Bagi Siswa Sekolah Dasar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 85-101. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.6339

Mardhatillah, N., Suranata, K., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Komik Video Digital (KOVID) Bernuasa Bali Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 343-352. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50331

Pratiwi, L. D., Vlorensius, V., & Sam, N. F. (2023). Pengaruh Media Komik Digital Berbasis Platform Instagram Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan. Biopedagogia, 5(1), 37-48. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/biopedagogia/article/view/3339

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Purnama, U. B., Mulyoto, M., & Ardianto, D. T. (2015). Penggunaan media komik digital dan gambar pengaruhnya terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa. Teknodika, 13(2), 18-28. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6793/4649

Rosadi, F., & Karimah, N. A. N. (2022, January). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah 1, 87-96.

Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 449-454. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4518




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53155

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Arfika, Fince Putri Yeni Purba, Rani Adillah, Biworo Frida Gurning, Saronom Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International