UPAYA PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA POP UP PINTAR DI SEKOLAH DASAR

Dinda Velita Bela, Dian Hidayati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui efektivitas penggunaan media pop up pintar dalam program pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan subjek peneltian terdiri dari siswa-siswa kelas 4-6 SD dan guru-guru yang terlibat dalam implementasi program pendidikan karakter menggunakan media pop up pintar selama satu semester. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi langsung pada saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan, wawancara mendalam dengan beberapa orang siswa dan guru, serta dokumentasi berupa catatan pengamatan selama proses pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif dengan menguraikan hasil-hasil pengamatan ke dalam bentuk naratif serta dilengkapi dengan kutipan langsung dari informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up pintar mampu meningkatkan sikap positif, nilai moral, serta etika sosial bagi para siswa di sekolah dasar. Teknologi visualisasi tiga dimensi ini juga meningkatkan motivasi belajar serta antusiasme peserta didik dan membantu guru memberikan gambaran yang lebih jelas tentang materi pelajaran. Namun demikian, kesuksesan program pendidikan karakter tidak hanya bergantung pada satu metode atau teknologi saja melainkan harus ada dukungan sistematis dari berbagai pihak seperti keluarga dan lingkungan sekitarnya. Implementasi program pendidikan karakter melalui media pop up pintar juga harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan untuk memperoleh hasil yang optimal dalam membentuk karakter siswa.

Keywords


Media Pop Up Pintar; Pendidikan Karakter; Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Anis, U., Taufiq, A., & Mashudi, T. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pembelajaran Menulis. 10–15.

Astuti, W., & Indianto, R. (2018). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Pada Pokok Bahasan Perkalian. JRR Tahun, 23(1), 22–28.

Batubara, A. F. A., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Pop-Up Book Ilustrasi Etnis Batak sebagai Media Interaktif untuk Anak Usia 9-10 Tahun. Jurnal Barik, 2(2), 108–120.

Bela, D. V., Sholihah, I. N., & Susilawati, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK MELALUI media pop up pintar di Sekolah Dasar . Dengan mengambil beberapa rumusan masalah up pintar serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan moral. 18, 9–18.

Bella, D. N. (2019). Pengaruh Media Pop Up Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tk B. Risenologi, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2019.41.47

Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. (2021). Developing Bilingual Pop-Up Book Media on the Material About Ayam Jago Baru Fairy Tales for Students’ Speaking Skills. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 16. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.

Dewi, H. (2016). Memaknai Manajemen Perubahan dalam Konteks Pendidikan. Manajemen Pendiikan, 1(3), 1–12.

Fransyaigu, R., & Mulyahati, B. (2023). Gerakan Bengkel Literasi Melalui Pendampingan Pembuatan E-Popup Bagi Guru Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 4(1), 413–417.

Hidayati, N., Eka, E., Nursyahidah, F., & Nikmah, U. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III D SD Supriyadi Semarang. 3, 125–135.

Idhartono, A. R. (2020). Keefektifan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. Literatus, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.37010/lit.v2i1.19

Marwanti, E., & Nugroho, I. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pendidikan Lingkungan Sekolah Di Era Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9172

Nilhuda, L. (2019). PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. jurnal administrasi pendidikan. 2–3.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848

Silqi, V. I., & Febrianto, R. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Untuk Siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 883–892. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2194

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. 13, 85–100.

Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SD / MI PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK KELAS 1.

Wahyuni, A. (2019). Pentingnya Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34.

Zulfikar, A., & Afian, T. (2022). Pengukuran Produktivitas Sekolah Di Smp Kota Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(2), 1. https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4818




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53166

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Velita Bela, Dian Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International