ANALISIS DAMPAK VERBAL BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SD NEGERI 5 SINANGGUL

Avi Nur Safitri, Dwiana Asih Wiranti

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak verbal bullying terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didik SD Negeri 5 Sinanggul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan verbal bullying yang terjadi di SD Negeri 5 Sinanggul berupa cemoohan pada fisik, memanggil menggunakan nama orang tua, bahkan nama hewan. Korban verbal bullying mengaku terdeskriminasi dan tidak percaya diri. Verbal bullying berdampak pada perkembangan interpersonal atau cara berkomunikasi serta menjalin hubungan dengan orang lain. Upaya penanganan dilakukan pihak sekolah dengan menasihati, menegur, dan konseling.


Keywords


Verbal Bullying, Korban, Kecerdasan Interpersonal, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustin, L., & Mukhlis. (2022). Model Intervensi Psikologi Islam Konseling Kelompok Tazkiyatun Nafsi: Salah Satu Bentuk Upaya dalam Menangani Siswa Korban Bullying. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Amelia, N. P., Suryani, & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. doi: https://doi.org/10.32584/jika.v5i1

Chabiba, M. I. K., Ismaya, E. A., & Wiranti, D. A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21–28. doi: https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7446

Dewi, P. Y. A. dkk. (2021). Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fardiansyah, H. dkk. (2023). Bunuh Diri. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Fitri, N., Sari, R., & Rahayu, N. (2022). Relevansi Verbal Bulliying dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Al-Azkiyza: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(1), 60–85. doi: https://doi.org/10.32505/azkiya/V7i1.3620

Goleman, D. (2023). Sosial Intelegence: The New Science of Human Relationship. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heng, P. H. (2018). Perilaku Delinkuensi: Pergaulan Anak dan Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua . Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hermita, N. dkk. (2017). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD. Yogyakarta: Deepublish.

Hudain, Muh. A. dkk. (2023). Psikologi Pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.

Lestari, T. (2016). Verbal Abuse: Damapak Buruk dan Solusi Penanganan pada Anak. Yogyakarta: Psikosain.

Maulita, D., Fitriana, S., & Lestari, F. W. (2019). Metode Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Guru Kita, 4(1), 42–47. doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v4i1.16244

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399–406. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206

Miftakhuddin, & Harianto, R. (2020). Anakku Belahan Jiwaku: Pola Asuh yang Tepat untuk Membentuk Psikis Anak. Sukabumi: CV Jejak.

Nasution, N. dkk. (2018). Tantangan Pendidikan Menyambut 1 Abad (2045) Indonesia Merdeka. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ningtyas, Y., & Jadmiko, R. S. (2021). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa yang Mengalami Perundungan Verbal (Verbal Bullying) di Kelas 4 SD Negeri Boro Kecamatan Kedungwaru. Wahana Sekolah, 29(1), 45–55. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um035v29i12021p45-55

Sapiyah. (2021). Konsep Krakter Rendah Hati Perspektif Hadis Nabi (Analisis Relevansi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner). Bogor: Guepedia.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sutarman, Sunendar, D., & Mulyati, Y. (2019). Investigating Cooperative Learning Model Based on Interpersonal Intelligence on Language Learners Skill to Write Article. International Journal of Instruction, 12(4), 201–218. doi: http://dx.doi.org/10.29333/iji.2019.12413a

Sylvia, T., Diriyanti, S., & Pangaribuan, J. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Linguistik, Motivasi Belajar, dan Kepercayaan Diri Terhadap Communication Performance Taruna Pemanduan Lalu Lintas Udara di Lab Tower. Jurnal Guru Kita, 5(2), 76–83. doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i2.24154

Ulfah, M. M., & Winata, W. (2021). Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Instruksional, 2(2), 123–127. doi: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.123-127

Ulfiah. (2020). Psikologi Konseling: Teori dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Winengsih, E. dkk. (2023). Asuhan Kebidanan Kesehatan Reproduksi Remaja. Padang: Global Eksekutif Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53167

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Avi Nur Safitri, Dwiana Asih Wiranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International