ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE

Imelda Free Unita Manurung, Fahrur Rozi, Natalia Silalahi, Nur Hudayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan memecahkan masalah mahasiswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu dengan menganalisis kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA berdasarkan kategori bagaimana mahasiswa mampu untuk memahami masalah, merancang dan merencanakan solusi, melaksanakan rencana pemecahan dan memeriksa kembali berdasarkan pemahaman materi yang ada didalam media pembelajaran Articulate Storyline. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes yang terdiri dari 5 soal essay kemampuan memecahkan masalah dan diperkuat dengan hasil analisis angket terkait dengan penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada setiap kategori dalam pemecahan masalah mahasiswa mampu memecahkan persoalan terkait pembelajaran IPA dengan menggunakan media Articulate Storyline.


Keywords


Articulate Storyline; Media Pembelajaran; Kemampuan Memecahkan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Buku Aksara.

Anggoro, S. and Badarudin, B. (2010). Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cbsa Dengan Pendekatan Discovery. Khazanah Pendidikan, 1(1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/629

Felasifah, L., & Subyantoro, S. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Membaca Teks Berita Bohong Bidang Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 69-79. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/46586

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2021). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi kelas x boga di SMK negeri 2 singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 25-36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/29316

Muryaningsih, S., & Utami, O. D. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84-91. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 919-926. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/7943

Salsabila, S., Sundawa, D., & Dahliyana, A. (2022). PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 6(2), 70-79. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/1135

Suryani, A. E., Basir, M. D., & Rusmin, A. R. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 1–13. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5526

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKNAS.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53519

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Imelda Free Unita Manurung, Fahrur Rozi, Natalia Silalahi, Nur Hudayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International