ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 167102 RAMBUTAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Muammar Sahala Tua Siregar, Nofran Purba, Elma Christin Sinaga, Sio Oktaviana Siahaan

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah fondasi penting dalam pengembangan pemikiran logis dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa SD Negeri 167102 Rambutan dalam mata pelajaran Matematika dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara dan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini memperoleh data melalui wawancara juga menggunakan kuisioner untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar mereka. Hasil menunjukkan adanya variasi tingkat minat belajar yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, serta menyoroti pentingnya metode kualitatif ini dalam memahami dinamika minat belajar siswa dalam konteks pembelajaran Matematika di SD.

Keywords


Kesulitan Pembelajaran; Pembelajaran Matematika; Minat Siswa

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Ayuningsih. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1704–1710. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3185/2674

Dio, I., Pratama, M., Mushafanah, Q., & Purnamasari, V. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA SISWA SEKOLAH DASAR ANALISIS. 128–134.

Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Multiply Card dalam Pembelajaran Perkalian terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913–4924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2962

Mabruroh, U., Sunarsih, D., & Mumpuni, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 58–68. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.250

Ragin, G., Ragin, G., Dian Chaerani Utami, &, & Tangerang, U. M. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 54–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Rohmah, S., Anggraeni, D., & Haryani, I. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Kelas 2 SD IT Bunayya. Jurnal As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Dasar, 6(1), 1–13. https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.53823

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muammar Sahala Tua Siregar, Nofran Purba, Elma Christin Sinaga, Sio Oktaviana Siahaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International