STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287-5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
Diana, S., Witono, A. H., & Zain, M. I. (2021). Problem Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 3 Batujai Tahuan Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 680-685. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.304
Harahap, H. S., & Bahri, S. (2021). ANALISIS MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD NEGERI 106836 LIMAU MANIS. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 217-220. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/83
Khoiruman, M. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2), 51-62. https://doi.org/10.35796/kaling.9.2.2021.38949
Kuswandi, S., & Putri, N. D. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97-109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280
Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. PANDAWA, 3(2), 358-367. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1268
Magdalena, M. (2018). Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237-245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1853
Ningsih, D. A., Nurbaedah, N., & Narti, W. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Modelling The Way pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Nomor 94/II Bungo. el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 124-159. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.361
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 13(2), 115-128. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153
Oya, R. N., & Budiningsih, C. A. (2014). Peningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 116-126. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649
Salam, S. (2023). Pendekatan Holistik dan Terintegrasi dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 71-86. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/195
Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yani, D., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.56393/melior.v3i1.1555
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Article Metrics
Abstract view : 270 timesPDF - 297 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuliana Sari, Yusron Abda'u Ansya, Ayu Alfianita, Pipi Anggreini Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id