KEEFEKTIVAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS iSPRING SUITE DALAM PEMBELAJARAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI PGSD UNIMED

Sorta Simanjuntak, Daitin Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan media interaktif berbasis iSpring Suite pada pembelajaranstrategi belajar mengajar di PGSD FIP UNIMED. Metode penelitiannya adalah Research & Development dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Sesuai model penelitian yang digunakan maka keefektivan media interaktif ini ditentukan  tingkat capaian pembelajaran mahasiswa (CPM) setelah menggunakan media yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan sejumlah lembar soal (tes) untuk diselesaikan oleh mahasiswa  kelas control dan kelas eksperimen. Analisis datanya  dilakukan dengan  teknik  analisis deskriptif  kuantitatif  dan dilanjutkan pada statistic infrensial. Berdasarkan hasil  analisis deskriptif dinyatakan bahwa capaiain pembelajaran mahasiswa (CPM) kelas kontrol lebih rendah dari pada CPM kelas eksperimen yakni  rata-rata persentase capaian pembelajaran mahasiswa (RPCPM) kelas kontrol 80% (cukup efektif); dan  persentase ketuntasan belajar klasikal (PKBK) kelas kontrol 80% (tinggi). Sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata persentase capaian pembelajaran mahasiswa (RPCPM) kelas kontrol 85% (efektif); dan persentase ketuntasan belajar klasikal (PKBK)  ekspserimen 95% (sangat tinggi). Analisis deskriptif tersebut didukung oleh analisis statistik, yakni CPM mahasiswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen  berbeda serara signifikan dengan : to hit = 4,36 > ttab : 1,99 pada α: 0,05, dengan db = 78. Artinya  media interaktif iSpring Suite dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran strategi belajar mengajar di PGSD secara signifikan dengan kepercayaan 95%.


Keywords


Efektivitas; Media Interaktif;Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anistalidia, A., Yuberti, Y., & Pahrudin, A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 116-125. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.972

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950

Hanisah, H., Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 6-16. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.68

Jannah, I. N. (2020). Efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54-59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 259-267. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888

Kristiawan, Muhammad. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan pembuatan media evaluasi dengan menggunakan ispring di sma wisuda kota pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 24-33. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194

Ramen A Purba, Dkk. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Edited by Alex Rikki

Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Surjono, H. D. (2017). MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Konsep dan Pengembangan . Yogyakarta: UNY Press

Widyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrmen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan media interaktif berbasis ispring materi sistem pencernaan manusia kelas v di sdn ciptomulyo 3 kota malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.53983

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sorta Simanjuntak, Daitin Tarigan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International