PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MASALAH BASED LEARNING UNTUK PENGENALAN PERTOLONGAN DAN PENGOBATAN CEDERA OLAHRAGA PADA PROGRAM STUDI PGSD UNIMED

Winara Winara, Syahrial Syahrial, Ummu Hanniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk sumber belajar buku saku pembelajaran berbasis masalah dalam mengenalkan pertolongan dan pengobatan cedera olahraga pada mahasiswa PGSD Universitas Negeri Medan. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan buku saku berbasis Problem Based Learning dengan materi pelajaran (luka terbuka dan luka tertutup) berkategori layak dengan tingkat kelayakan sebesar 80% dan dari segi kelayakan media sebesar 81%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, kelayakan buku saku meliputi aspek materi sebesar 77%, aspek keterbacaan bahasa sebesar 76%, aspek penyajian buku sebesar 75%, aspek tampilan buku sebesar 78%. Sedangkan berdasarkan uji coba kelompok besar, kelayakan buku saku meliputi: 88% dari segi materi, 87% dari segi keterbacaan bahasa, 90% dari segi penyajian buku, dan 91% dari segi tampilan buku.

Keywords


Pertolongan dan Pengobatan; Cedera Olahraga; Buku Saku

Full Text:

PDF

References


A, Junaidi. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Alwi, Hasan dkk. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedural Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-12.

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI Bandung.

Rusdi, Susilana dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.54031

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winara Winara, Syahrial Syahrial, Ummu Hanniyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id