OPTIMALISASI PENGAWASAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS MUTU SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Y., Rahmawati, & Damhuri. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 88–105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1 294
Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana IlmuIlmu Sosial, 2, 149–154
Azizah, E. N., & Roesminingsih, E. (2021). Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 859-872.
Dalanggo, H. (2019). Strategi Perencanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 381. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.226
Darmawi, D. (2021). Implementasi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Jurnal Literasiologi, 7(2), 33–47. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.281
Dewi, S. (2018). Hubungan Pengawasan dengan Peningkatan Kinerja Guru di SDN Gentungang Kab.Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar, 1-44.
Giarti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD melalui Supervisi Akademik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 37–46.
Gunawan, A., Riyadi, A. A., & Musthofa, A. H. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTSN 1 Kota Kediri. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 788–798.
Hamid, A., & Ma’arif, M. A. (2019). Kepala Madrasah, Supervisi Akademik dan Kinerja Guru (Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sirajul Ulum Jatiurip Krejengan Probolinggo). JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 77–89. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i1.2
Kusumati, A. G. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 227-231.
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62-72.
Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834
Priyanto, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Akademik. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 168-â.
Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 136-144.
Saiful Asyari. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 149–163
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.54188
Article Metrics
Abstract view : 39 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ilun Mualifah Thohir, Nadilla, Nur Fanny Amelia Putri, Ulfa Hasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International