PENGARUH STRATEGI GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Keiza Panjaitan, Selviana Selviana, Faujia Latif, Salonike Nega

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan agar mengetahui tentang pengaruh dari strategi guru mengajar terhadap hasil belajar siswa. Adanya mekanisme dalam strategi pembelajaran yaitu keadaan yang menjadi pengaruh pada kesuksesan pembelajaran siswa. Karena adanya strategi diharapkan pembelajaran bisa mendapat hasil yang baik sesuai dengan yang di harapkan. Pada penelitian ini digunakan sarana penelitian berupa kuesioner atau angket menggunakan link google form  yang diberikan kepada siswa yang berjumlah 35 siswa atau responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Penggunaan dan pemilihan strategi guru mengajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar para siswa. Dalam hal ini, guru-guru di sekolah sebaiknya dapat memilih strategi belajar yang menarik sehingga para siswa memiliki minat yang tinggi dalam belajar.

Keywords


Strategi Guru Mengajar; Hasil Belajar; Guru dan Siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (1992). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Anni, ChatarinaTri. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

ARIFIN, A. Z. (2019). Implementasi Uu Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Mewujudkan Hak Dan Kewajiban Guru (Studi Kritis pada MA Se-Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). Doctoral dissertation. UNISNU Jepara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Coştu, B. (2008). Learning science through the PDEODE teaching strategy: Helping students make sense of everyday situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 3-9. https://doi.org/10.12973/ejmste/75300

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/859

Riyanto, Yatim. (2009). Apa Itu Strategi?. Jakarta: Gramedia.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2000). Metode Statistika. Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarti. (2010). Pengaruh Strategi Guru Mengajar Dan Strategi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Terpadu Kelas Vii Di Smp Negeri 5 Ungaran. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.54609

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Keiza Panjaitan, Selviana Selviana, Faujia Latif, Salonike Nega

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International