PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PERANGKAPAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, Noor Miyono

Abstract


Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Perangkapan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Pendidikan memiliki peran penting dalam upaya membentuk karakter serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna tercapainya tujuan pendidikan nasional. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kinerja kepala sekolah dan guru. Idealnya setiap kepala sekolah dasar memimpin satu sekolah dasar agar kestabilan pengelolaan sekolah tetap terjaga dengan baik. Namun, karena kurangnya tenaga kepala sekolah menyebabkan banyak sekolah dasar yang dipimpin oleh kepala sekolah perangkapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa angket yang memanfaatkan teknologi google form. Subjek penelitian adalah guru yang bekerja di sekolah dasar perangkapan berjumlah 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan kepala sekolah perangkapan memberikan dampak positif terhadap kinerja guru walaupun sebagian responden menilai gaya kepemimpingan tersebut tidak efektif dalam pengelolaan sekolah.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Kepala Sekolah Perangkapan; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Harjati, E., & Anggoro, S. (2021). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja dan Prestasi Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1). 7-16. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p7-16

Hidayat, S. A. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Menjaga Kestabilan Tugas-Tugas Profesionalitas Guru di Masa Pandemic Covid-19. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 253-268. https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2987

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77-93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93v

Kurnianingsih, E. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11-18. https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/932

Supriadi, D., & Khurniawan, A. W. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.21831/jump.v5i1.59233

Tanjung, Rahman, Hanafiah Hanafiah, Opan Arifudin, and Dedi Mulyadi. "Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2021): 291-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Triatna, C. (2007). Evaluasi Kinerja Guru dan Upaya Penjaminan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 51-66. https://doi.org/10.17509/jap.v5i1.6182

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta: Sekretariat Negara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Sekretariat Negara.

Zaki, M., Nuryadin, R., Amartana, Amartana., Marwan, Marwan. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSS AL-FURQAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 226-233. http://dx.doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42486




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55125

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, Noor Miyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International