PENGARUH PENGGUNAAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Intan Nabila, Ilham Arvan Junaidi, Masagus Firdaus

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SD Negeri 21 Palembang. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Palembang dengan sampel penelitian kelas IV B dengan jumlah siswa 25 dan IV C dengan jumlah siswa 23 orang peserta didik diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Metode yang digunakan eksperimen (true eksperimen design dengan jenis posttest only control design). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh uji normalitas diketahui kelas eksperimen sebesar 0,065 > 0,05 dan kelas kontrol 0,049 > 0,05, uji homogenitas sebesar 0,065 > 0,05 disimpulkan datanya berdistribusi normal. Uji t diketahui bahwa 𝑡ℎi𝑡𝑢𝑛g 7,893 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,679 dengan df 46. Dimana 𝐻𝑜 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima, sehingga hipotesisnya menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantu media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV SD Negeri 21 Palembang.

Keywords


Model Pembelajaran Make A Match; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman BP, Yumriani, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, & Yuyun Karllina. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineke Aksara.

Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Magdalena, I. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Sukabumi: CV Jejak.

Nining Yulianti, S. (2021). Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive Text dengan Make A Match bermedia tumbar. Sukabumi: CV Jejak.

Octavia, S. A. (2020). Model Model Pembelajaran . Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Sulhan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Daran dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Trio Gusti Mahardika, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hail Belajar siswa kelas V SDN Karang Tengah 4 Ngawi. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 24.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55316

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Nabila, Ilham Arvan Junaidi, Masagus Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International