PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 BOJA

Ngatini Ngatini, Noor Miyono

Abstract


Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan.  Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana peran kepala sekolah, persepsi guru, serta hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas prestasi akadmik dan non akademik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan   informan/responden kepala sekolah dan 30 guru. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  peran kepala sekolah dalam meningkatkaan kualaitas  akadmeik dilakukan melalui upaya menetapkan tujuan pendidikan jangka pendek dan jangka panjang yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batasan waktu,  dan supervisi akademik yang rutin dan terjadwal. Sedaangkana non akademik dilakukana melalui pengembangan program ekstrakurikuler yang beragam, melibatkan orangtua dalam perencanaan strategi  memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekolah. Persepsi guru terkait peran kepala sekolah sudah menunjukkan kategor sangat baik. Hambatan yang dihadapi  variasi tingkat kemampuan dan gaya belajar peserta didik yang beragam,  dan tantangan psikososial bagi peserta didik.

Keywords


Peran; Kepala Sekolah; Akademik; Non Akademik

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z. (2022). STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MA’ARIF NU GARUM BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 10(1), 32-44.

Bungin, B. (2015). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Kencana Prenada Media.

Creswell. J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed) edisi Revisi Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal penjaminan mutu, 3(1), 31-42.

Frismelly, A., & Giatman, M. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i2.308

Miftahurrizki, H. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 JETIS. Doctoral dissertation. IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/22822/

Nurhayati, N., & Devilla, R. (2022). PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 6(01), 9-14. https://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/view/1693

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970-7977. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684

Yulista, K., Samiha, Y. T., & Zainuri, A. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa SMP. Studia Manageria, 2(2), 129-148. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.6682




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55383

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ngatini Ngatini, Noor Miyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International