PROBLEMATIKA GURU MERANGKAP SEBAGAI TENAGA ADMINISTRASI PENGELOLAAN DANA BOS TERHADAP STRES KERJA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

Vina Okta Viana, Noor Miyono

Abstract


Problematika guru merangkap sebagai tenaga administrasi pengelolaan dana BOS terhadap stres kerja di sekolah dasar negeri salah satunya adalah problematika yang masih belum terpecahkan solusinya, sebab pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak sekali problematika.Tanpa disadari stres kerja pada guru meningkat akibat banyaknya problematika, dan tentu ada faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai apa saja problematika yang dialami oleh guru selama merangkap sebagai tenaga administrasi pengelolaan dana BOS di kecamatan singorojo kabupaten kendal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang mana penyajian datanya berupa angka-angka didukung dengan diagram lingkaran untuk menggambarkan suatu fenomena yang sedang terjadi sebagai penyampaiannya kepada pembaca. penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa hampir keseluruhan guru di Kecamatan Singorojo mengemban tugas merangkap pengelolaan dana BOS dimana dari tambahan tugas tersebut meningkatkan tingkat stres kerja mereka yang disebabkan oleh tambahan tugas dan tanggung jawab disamping mereka juga memiliki tanggung jawab tugas pokok mereka menjadi guru sebagai pendidik dan pengajar murid-murid yang mereka. Berdasarkan beberapa kuesioner yang sudah disebarkan dimana hasilnya dampak stres kerja dirasakan tidak hanya satu atau dua guru saja melainkan hampir keseluruhan guru merasakan dampak tersebut. Dalam hal ini dampak stres kerja diantaranya ialah menyita waktu dan energi, waktu guru berkurang untuk murid, beberapa guru merasa lebih sering sakit, sering merasa tidak nafsu makan dan bahkan telat makan, pernah merasa ingin putus asa, dan waktu untuk berinovasi dalam pembelajaran tidak ada.

Keywords


Problematika Guru; Tenaga Administrasi; Stres Kerja

Full Text:

PDF

References


Ananda, H. D., Sopanah, A., & Dewi, I. (2023). Bagaimana Mengelola Keuangan Sekolah yang Efektif dan Efisien?. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(2), 203-215. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.02.17

Hendrawan, A., Sucahyawati, H., Cahyandi, K., & Indriyani, I. (2018). Stres Kerja Dan Kelelahan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal EMA, 3(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.47335/ema.v3i1.22

Jannah, K. H. D., & Susilawati, S. (2023). HUBUNGAN STRES KERJA DENGAN BEBAN KERJA PADA TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA. ZAHRA: JOURNAL OF HEALTH AND MEDICAL RESEARCH, 3(4), 422-427. https://adisampublisher.org/index.php/aisha/article/view/410

Jusman, J., & Iskak, M. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Self-Organised Learning Environtment (Sole) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Kelas X SMKNegeri 2 Bone Faidah Yusuf. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 912-919. https://doi.org/10.5281/zenodo.10035537

Kusno, K., Suib, M., Wahyudi, W. (2013). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4), 1-17. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1890

Nugraha, S. (2022). PROBLEMATIKA GURU MERANGKAP SEBAGAI TENAGA ADMINISTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal Edupena, 3(2), 54-65. http://ejournal.edupena.id/index.php/jurnaledupena/article/view/57

Ratna Sari, H. F., Ekawarna, E., & Sulistiyo, U. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1204-1211. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2113




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55532

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vina Okta Viana, Noor Miyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International