MELATIH KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Panca Lumbantobing, Enok Maryani

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara rinci mengenai pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan studi lapangan di salah satu SDN Penggerak di Kota Bandung. Subjek penelitian mencakup Kepala Sekolah, Guru dan Siswa kelas 5. Metode pengumpulan data melibatkan berbagai teknik, seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menegaskan bahwa proyek penguatan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar ini secara keseluruhan berhasil mengembangkan keterampilan sosial siswa. Terlihat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan komunikasi, kolaborasi, empati, interpersonal, dan pengelolaan konflik.

Keywords


Keterampilan Sosial; Proyek P5; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Agusniatih, A., & Manoepa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan (H. N. Anggarasari, Ed.; 1 ed.). Edu Publisher.

Archbell, K. A., & Coplan, R. J. (2022). Too Anxious to Talk: Social Anxiety, Academic Communication, and Students’ Experiences in Higher Education. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 30(4), 273–286. https://doi.org/10.1177/10634266211060079

Fardhiana, S. (2020). Peran Keterampilan Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada.

Fauziyyah, A., & Ampuni, S. (2018). Depression Tendencies, Social Skills, and Loneliness among College Students in Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 45(2), 98. https://doi.org/10.22146/jpsi.36324

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Hijran, M., Fauzi, P., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2023). Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadapt Karakter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).

Ilham, M., Fauzi, R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Gatranusantara, 19(1).

Kolaborasi, R. (2022). Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8747598052121-Mengenal-Projek-Penguatan-Profil-Pelajar-Pancasila

Lau, W. W. F., Lui, V., & Chu, S. K. W. (2017). The use of wikis in a science inquiry-based project in a primary school. Educational Technology Research and Development, 65(3), 533–553. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9479-9

Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung:Alfabeta.

Moeller, R. W., & Seehuus, M. (2019). Loneliness as a mediator for college students’ social skills and experiences of depression and anxiety. Journal of Adolescence, 73(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.03.006

Perang, B., & Waji, S. R. (2023). Psikoedukasi Tentang Bullying Pada Siswa Dan Siswi Sd Frater Thamrin Makassar. Asawika, 8(1).

Qitfirul, M., & Izza, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Project Based Learning Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 24 Surabaya. Pintar Harati : Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 19(1), 14–26. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9407

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Ruang Kolaborasi. (2023). Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berdasarkan Jenjang. Platform Merdeka Mengajar Kemendikbudristek.

https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8747805824409-Tema-Projek-Penguatan-Profil-Pelajar-Pancasila-berdasarkan-Jenjang

Ruskandi, K., Hikmawan, R., & Suwangsih, E. (2019). Project-based learning: Does it really effective to improve social’s skills of elementary school students? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012119. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012119

Trisoni, R., Mahmud Yunus Batusangkar, U., & Naskah, H. (2022). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1895

Wijayanti, N. D., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1). https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55575

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Panca Lumbantobing, Enok Maryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International