PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI DENGAN BANTUAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade, P. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Deepublish.
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Ahmad, S & Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Anugrahana, A. (2019). Metode Penjumlahan dan Pengurangan dalam Sempoa. Yogyakarta: Sanata Dharma Univercity Press.
Arifin, J. (2012). Statistik Bisnis Terapan dengan MS. Excel 2007. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Astari, T. (2023). Pengembangan LKS Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Edu Pedia Publisher.
Dewi, S. (2018). Tes dan Pengukuran. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Dianto, R. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 145-152.
Faruq, F., & Pratisti, W. D. (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 243–248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392
Ilham S, M., Baharullah, B., & Wahyudi, A. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 18(2), 68. https://doi.org/10.35329/fkip.v18i2.3721
Irvan, T. H. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Padang: Getpress.
Istjanto. (2012). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Julaeha, S., Erihardiana, M., Miftahul Khoer El-Istohari, Y., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.449
Junilasari, R., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Multisensori Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 26-37. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/13245
Komalasari, M. D. (2017). Efektivitas metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar. Jurnal Elementary School, 4(1), 14-19.
Kurniawan. (2019). Inovasi Pembelajaran. Surakarta: CV. Kekata Group.
Marienzi, R. (2012). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui metode multisensori bagi anak autis. Jurnal penelitian Pendidikan khusus, 1(3), 320-331. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/822
Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.148
Rahmi, H., Syafweny, E., Susilawaty, S., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Nabla Dewantara, 5(2), 47-60. https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.183
Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2016). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72-77. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/5671
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623
Susanti, Y. (2022). Strategi Pembelajaran dalam Proses Membaca dan Menulis Permulaan. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(5), 323-329. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.186
Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Bogor: Guepedia.
Warsiman. (2022). Panduan Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: MNC Publishing.
Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Yoni, Acep. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Yunus, A. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Yunus, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56381
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sullamud Diyanah Nasuha, Asrizal Wahdan Wilsa, Ririn Andriani KD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International