PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI DENGAN BANTUAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR

Sullamud Diyanah Nasuha, Asrizal Wahdan Wilsa, Ririn Andriani KD

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar UPTD SDN 4 Pringgacala pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran multisensori dibantu media belajar sempoa dalam menghadapi permasalahan konsep berhitung perkalian dan pembagian. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dengan tahap pelaksanaan 3 siklus. Indikator Klasikal pada penelitian ini yaitu sebesar 80% dari 39 sampel siswa kelas 2. Pada penelitian ini, data diperoleh dari pelaksanaan tindakan setiap siklus dimana mengalami peningkatan pada nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 65.64 dengan ketuntasan persentase 71,7%, siklus 2 rata-rata meningkat menjadi  73.84 dengan persentase 79.4% dan pada siklus3 dengan rata-rata 82,30 dengan  persentase klasikal 87,17%

Keywords


Model Pembelajaran Multisensori; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ade, P. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Deepublish.

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Ahmad, S & Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Anugrahana, A. (2019). Metode Penjumlahan dan Pengurangan dalam Sempoa. Yogyakarta: Sanata Dharma Univercity Press.

Arifin, J. (2012). Statistik Bisnis Terapan dengan MS. Excel 2007. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Astari, T. (2023). Pengembangan LKS Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Edu Pedia Publisher.

Dewi, S. (2018). Tes dan Pengukuran. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Dianto, R. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 145-152.

Faruq, F., & Pratisti, W. D. (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 243–248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392

Ilham S, M., Baharullah, B., & Wahyudi, A. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 18(2), 68. https://doi.org/10.35329/fkip.v18i2.3721

Irvan, T. H. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Padang: Getpress.

Istjanto. (2012). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Julaeha, S., Erihardiana, M., Miftahul Khoer El-Istohari, Y., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.449

Junilasari, R., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Multisensori Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 26-37. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/13245

Komalasari, M. D. (2017). Efektivitas metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar. Jurnal Elementary School, 4(1), 14-19.

Kurniawan. (2019). Inovasi Pembelajaran. Surakarta: CV. Kekata Group.

Marienzi, R. (2012). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui metode multisensori bagi anak autis. Jurnal penelitian Pendidikan khusus, 1(3), 320-331. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/822

Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.148

Rahmi, H., Syafweny, E., Susilawaty, S., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Nabla Dewantara, 5(2), 47-60. https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.183

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2016). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72-77. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/5671

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Susanti, Y. (2022). Strategi Pembelajaran dalam Proses Membaca dan Menulis Permulaan. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(5), 323-329. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.186

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Bogor: Guepedia.

Warsiman. (2022). Panduan Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: MNC Publishing.

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Yoni, Acep. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Yunus, A. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Yunus, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56381

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sullamud Diyanah Nasuha, Asrizal Wahdan Wilsa, Ririn Andriani KD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International