UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, N. K. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94-103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211
Arikunto, S. (2019). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Chotimah, C dan Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4575-4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224
Hamzah. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0-5. https://core.ac.uk/download/pdf/337609344.
Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 12-20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Riyanto, Y. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800
Samatoa,U. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Indeks.
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL) (Vol. 7550334). cv. Mine.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunarsih, W. (2021). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Penerbit Adab.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susilo, H, Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435-445. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56398
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wulandari Wulandari, Piyantina Rukmini, Khoimatun Khoimatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International