UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Wulandari Wulandari, Piyantina Rukmini, Khoimatun Khoimatun

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Kaplongan.  Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kurt Levin. Dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus, dan di setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan indikator keberhasilan keberhasilannya adalah 80% dari 26 peserta didik yang harus tuntas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA khususnya materi tentang ayo cintai lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada hasil belajar yang dilakukan, dari pra siklus peserta didik yang telah mencapai indikator keberhasilan hanya sebanyak 15,23%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 46,15%, pada siklus II naik menjadi dan 73,08%, Kemudian pada siklus III mencapai  88,46% peserta didik yang telah mencapai indikator keberhasilan.

Keywords


Model Pembelajaran Contectual Teaching and Learning; Hasil Belajar Peserta didik; IPA

Full Text:

PDF

References


Agustini, N. K. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94-103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Arikunto, S. (2019). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Chotimah, C dan Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4575-4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224

Hamzah. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.

Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0-5. https://core.ac.uk/download/pdf/337609344.

Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 12-20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Riyanto, Y. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800

Samatoa,U. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Indeks.

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL) (Vol. 7550334). cv. Mine.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarsih, W. (2021). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Penerbit Adab.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susilo, H, Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435-445. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56398

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wulandari Wulandari, Piyantina Rukmini, Khoimatun Khoimatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International