PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS III MI (MADRASAH IBTIDAIYAH)

Titin Hamida, Asrizal Wahdan Wilsa, Kiki Fatkhiyani

Abstract


Masalah utama penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan Aktivitas siswa kelas III yang  ada di MI Al Basyariah  Kedokan Bunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model dari Kemmis dan MC Taggart. P enelitian dilakukan beberapa tahapan yaitu. perencanaan, penerapan, pengamatan, lalu refleksi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah penerapan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK), mengetahui penerapan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK ) pada hasil belajar IPA dan mengetahui penerapan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) pada aktivitas belajar. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas 3 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 siswa dan 12 siswi. Tekhnik pengumpulan data berdasarkan lembar tes, lembar pengamatan guru serta lembar pengamatan aktivitas siswa.Teknik analisis pada penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar sebelum di terapkannya  model pembelajaran  Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) yang dilakukan 2 siklus penelitian. Prasiklus rerata dengan persentase ketuntasan 45 % setelah dilakukan tindakan persentase ketuntasan 65 %, ini belum memenuhi indikasi ketercapaian. pada siklus kedua ketuntasan 85 % hasil tersebut sudah memenuhi indikasi ketercapaian yaitu 80 %, peningkatan tersebut dilihat dari hasil test dan diperkuat dengan observasi aktivitas siswa.

Keywords


Model VAK; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Tarikh Islam dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Metode Mind mapping. Peningkatan Hasil Belajar Materi Tarikh Islam dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Metode Mind mapping, 3(1), 94-106. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i01.3942

Arsyad, M. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMPN Moncok. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 1(02), 1-11. https://doi.org/10.33503/maharsi.v1i02.528

Ghufira, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Aktifitas Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD Negeri Haduyang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis. Universitas Lampung

Maryani, R. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Dapat Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas IX B Di SMP Negeri 5 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 9(2), 70-76. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1242

Mustari, N. A., Hotimah, H., & Nasaruddin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(1), 33-49. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/44

Nurjanah, N., Sari, F. F., & Supriyaddin, S. (2022). Pengaruh Model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Manggelewa Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(1), 81-89. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.154

Nurlina, N., Muslimin, M., & Israwaty, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 122-128. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/70

Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013. (2013). Jakarta: Kemendikbud.

Rahayu, D. P., Putra, D. A., & Mirnawati, L. B. (2022). Penerapan Model (Visual, Auditory Dan Kinestetik) VAK Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48-60. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.841

RISKA, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDIOTORI, KINESTETIK (VAK) BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG. Doctoral Thesis. UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Ryan, K., Cooper, J. M., & Tauer, S. (2012). Teaching for student learning: Becoming a master teacher. Cengage Learning.

Sakti, R. A. E., & Wahyudi, W. (2019). Penerapan Model VAK Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(1), 37-44. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5343




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56716

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Titin Hamida, Asrizal Wahdan Wilsa, Kiki Fatkhiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International