ANALISIS SIMBOL-SIMBOL NILAI KEBHINNEKATUNGGALIKAAN DAN PENGHAYATAN TERHADAP NILAI PANCASILA PADA EKOSISTEM SEKOLAH SEBAGAI PENGUATAN IDENTITAS MANUSIA INDONESIA

Putri Fadillah, Zilvad Larozza, Rian Mansi Ramdani, Safinatun Najah, Ulfa Yusra, Destrinelli Destrinelli, Muhammad Sofwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis simbol-simbol nilai Kebhinnekatunggalikaan dan penghayatan terhadap nilai Pancasila pada ekosistem SDN 004/IV Kota Jambi sebagai penguatan identitas manusia Indonesia. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen dan observasi. Objek yang digunakan adalah simbol-simbol nilai Kebhinekatunggalikaan dan kegiatan penghayatan nilai Pancasila di SDN 004/IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian telah menunjukkan identitas manusia Indonesia yang ditandai simbol-simbol penghayatan terhadap nilai Kebhinekatunggalikaan di ruang kelas. Serta penghayatan nilai Pancasila dicerminkan pada setiap kegiatan di sekolah dan perilaku peserta didik yang ditunjukkan.

Keywords


Penghayatan; Nilai Kebhinnekaantunggalika; Nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996-998. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2294

Banjarnahor, D. N., Togatorop, F., & Saragih, D. Y. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Hukum Masyarakat Sejak Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 97-103. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1145

Diu, A. R., Rahmat, A., & Duludu, U. A. (2022). Pelestarian bahasa daerah gorontalo dalam aktivitas belajar anak usia dini di desa lemito utara kecamatan Lemito. Student Journal of Community Education, 1(2), 51-60. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i2.904

Hafiluddin, H., Labetubun, S. R., & Rahman, S. (2022). PEMAHAMAN KEBHINEKAAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR. EDUCANDUM, 8(2), 290-298. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/892

Hendrizal, H. (2020). Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 15(1), 1-21. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7877

Nazila, N. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Kebhinnekatunggalikaan di Ekosistem Sekolah. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 84-89. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.215

Niken, N. S. R. P., Putri, J. N., Alamsyah, S., Santoso, G., & Jannah, M. (2023). Bhinneka Tunggal Ika Pondasi Semangat Gotong Royong Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 173-183. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/444

Rohmah, A. N., Masturoh, S., & Rauv, M. (2022). Kebhinekaan dan keberagaman (integrasi agama di tengah pluralitas). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 2945-2956. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1169

Sianturi, Y. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222-231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Steviani, D. S. (2020). Implementasi nilai kebangsaan bhinneka tunggal ika dalam peningkatan pelayanan publik. UNES Journal Of Swara Justisia, 4(3), 261-268. https://doi.org/10.31933/ujsj.v4i3.180

Tamara, F., & Susanti, R. (2023). PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEBERAGAMAN UNTUK MEWUJUDKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 530-540. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.475

Utami, D., & Susanti, R. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai-nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14-24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130

Widiyani, K. (2023). Implementasi Kebhinekatunggalikaan Dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 150-158. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.223

Zalukhu, B., Napitu, U., Zalukhu, Y., & Hulu, N. S. (2023). Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter dan Moral Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2102-2115. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6394




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56858

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Fadillah, Zilvad Larozza, Rian Mansi Ramdani, Safinatun Najah, Ulfa Yusra, Destrinelli Destrinelli, Muhammad Sofwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International