ANALISIS PEMANFAATAN DESAIN PESAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Fitri Pratiwi, Sari'ani Sari'ani, Mindariati Mindariati, Warneri Warneri, Eny Enawaty

Abstract


Penerapan penguatan profil pelajar Pancasila dapat meningkat kemampuan siswa secara mandiri dengan membuka pengetahuan, mengenali nilai moral dan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dalam menyampaikan pesan tentang P5. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif, menggunakan studi pustaka. Teknik penelitian menggunakan observasi tidak terstruktur. Empat pilar dapat membentuk strategi internal sekolah adalah kegiatan keseharian yaitu budaya sekolah, intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Desain pesan dalam profil pelajar pancasila (P5) dapat menjadi alat yang efektif untuk menumbuhkan karakter pada siswa menciptakan budaya sekolah yang mendukung nilai pancasila dan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengimplementasikan desain pesan P5.


Keywords


Desain Pesan; Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aziizu, B. Y. A. (2015). TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Bahri, S. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM DASAR DAN TUJUANNYA. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. https://digilib.uinsgd.ac.id/32855/

Diputra, I. M. Y., & Sujana, I. W. (2023). Multimedia Interaktif Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 242-254. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/63362/27459

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/480

Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170-178. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116

Labudasari, E., & Eliya Rochmah. (2018). Peran Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Prodi PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto “ Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Guna Mempersiapkan Daya Saing Kompetensi Abad 21” , 1(1), 299–310.

Manalu, J. B., Pernando Sitohang, & Netty Heriwati Henrika Turnip. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, 80–86. https://doi.org/DOI 10.34007/ppd.v1i1.174

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803

Nurhakim, Ahmad. (2023) Budaya Sekolah: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Hingga Cara Membangun Budaya Sekolah Positif. https://www.quipper.com/id/blog/author/ahmadnurhakim6875/(diakses pada 28 Maret 2024

Ode, Muh. N. I., Nadir La Djamudi, & Susiati Susiati. (2023). Lagu Ana-Ana Maelu sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Siswa Kelas V SD di Wilayah Keraton Buton. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4650–4656. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5971

Pristiwanti, D., Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Journal Pedagogy, 15(2), 76–87. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139/126

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). PERAN GURU SEBAGAI APLIKATOR PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. PALAPA, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar Pancasila berbantuan platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57127

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Pratiwi, Sari'ani Sari'ani, Mindariati Mindariati, Warneri Warneri, Eny Enawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id