ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SD
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi pembelajaran yang mampu mendukung proses belajar peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Kebutuhan tersebut dapat berupa gaya belajar, media pendukung pembelajaran, dan perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan dalam menunjang pemahaman siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran berdiferensiasi yang mampu menjadi solusi bagi seorang guru dalam mendorong kemajuan perkembangan peserta didik pada keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar. Metode penelitian ini menerapkan jenis kualitatif melalui studi literatur. Hasil pembahasan penelitian ini mencangkup analisis pembelajaran berdiferensiasi pada keterampilan membaca pemahaman di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia sd/mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26-50. http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maswan & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173-180. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/306
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Putri, W., Aisah, S., & Adawiyah, Y. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas III di MI Al-Munawaroh Bogor. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 15(1), 13-26. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i1.9080
Ridwan, N., & Akib, I. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 316-328. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1543
Siringoringo, R., Asbari, M., & Margaretta, C. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensi: Akselerasi Meningkatkan Potensi Peserta Didik. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 13-16. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/436
Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA:(ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD). Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49-60. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/abuya/article/view/354
Sugiarti, N., & Mulyono, M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157-164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/48938
Umami, S. R., & Damayanti, M. I. (2023) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidika Guru Sekolah Dasar, 11(10), 2130-2140. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/55484
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57475
Article Metrics
Abstract view : 82 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adelia Rahma Afriliani, Petrus Suhendro, Fahrurrozi, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id