ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Julius Sinaga, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Robenhart Tamba, Imelda Free Unita Manurung

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis serta gambaran miskonsepsi siswa dalam materi bilangan desimal. Metode untuk menganalisis miskonsepsi pada siswa ialah metode CRI dengan menggunakan instrumen tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 11 dari 11 siswa atau 100% mengalami miskonsepsi dengan jenis miskonsepsi yang berbeda. Hasil analisis jawaban siswa ditemukan bahwa seorang siswa dapat mengalami lebih dari satu jenis miskonsepsi. Terdapat 6 siswa mengalami miskonsepsi perhitungan, 3 siswa miskonsepsi sistematika, 5 siswa miskonsepsi interpretasi bahasa dan 4 siswa miskonsepsi dasar. Adapun penyebab terjadinya miskonsepsi karena intuisi dan pemahaman dasar siswa yang salah serta minimnya minat belajar matematika.

Keywords


Miskonsepsi; Metode CRI; Bilangan Desimal

Full Text:

PDF

References


Aini, S. N., & Wiryanto, W. (2020). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Pada Maeri Operasi Hitung Pecahan Desimal Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 341–351. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/34265

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Nuraina, N., & Rohantizani, R. (2023). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI TURUNAN DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 95-105. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.95-105

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57489

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Julius Sinaga, Elvi Mailani, Naeklan Simbolon, Robenhart Tamba, Imelda Free Unita Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id