ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN INOVATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS SDN 104205 TEMBUNG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif IPAS siswa kelas IV pada materi gaya di sekitar kita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104205 Tembung. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV, setelah itu dipilih 3 subjek berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan inovatif yang memiliki nilai rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif dan inovatif serta pedoman wawancara wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes kemampuan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018, November). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 1, pp. 292-301). https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/68
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295-300. http://dx.doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65-73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1
Munandar, U. (2021). Pengembangan kreativitas anak berbakat. PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhelayanti, Syamsiah Z, Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, I. R. Y., Nasbey, H., Suleman, N., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Yayasan Kita Menulis.
Putra, T. T. (2012). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The analysis of creative and innovative thinking skills of the 21st century students in solving the problems of “locating dominating set” in research based learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 237410. https://dx.doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.58711
Article Metrics
Abstract view : 69 timesPDF - 50 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cindy Ayuni, Khairul Usman, Irsan Irsan, Lala Jelita Anada, Fahrur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id