PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERUPA KARTU DOMINO PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penggunaan bahan ajar yang tepat untuk pembelajaran IPS sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS adalah kartu domino. Akan tetapi saat ini belum ada media kartu domino untuk pembelajaran IPS khususnya pada materi kegiatan ekonomi kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui validasi, angket kepraktisan peserta didik, dan tes hasil belajar. Pada tahap pengembangan dilakukan proses validasi oleh para ahli. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang telah dikembangkan dalam kategori “Sangat Valid” berdasarkan lembar angket validasi 3 ahli untuk validasi materi, media dan bahasa dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 81%. Nilai kepraktisan media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang dikembangkan dengan kategori “Sangat Praktis” berdasarkan dari hasil angket respon peserta didik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 84%. Sedangkan efektifitas media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang dikembangkan dengan kategori “Sangat Efektif” dengan memperoleh nilai rata-rata 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang pada materi kegiatan ekonomi kelas V SD layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida journal, 4(1), 35-49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Ali, F. I., Bektiningsih, K., & Samadhy, U. (2019). Pengembangan Media Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 11-19. https://journal.unnes.ac.id/nju/kreatif/article/view/KR-10-1-02
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Julnia, Ul. A., & Rachmadyanti, P. (2018). Pelngelmbangan Meldia Mimbar (Domino Belrgambar) Matelri Kelragaman Sosial, Elkonomi, Buldaya, Eltnis, Dan Agama Di Indonelsia. Julrnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 353-362. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23599
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan media pembelajaran plastisin untuk meningkatkan kreativitas anak usia. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 199-208. http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689
Kulstandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Konselp & Aplikasi Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Bagi Pelndidik di Selkolah dan Masyarakat. Jakarta: Prelnadameldia Groulp.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137. https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/185
Ramadia, G., Komariah, K., & Arifin, M. H. (2023). Pengembangan Multimedia Berbasis Google Sites Pada Materi Kegiatan Ekonomi terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 276-284. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/16162
Shobariyah, E. (2018). Teknik evaluasi non tes. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1-13. https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/1
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yadi, A. F., Rahmawati, I., & Rusdiono, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dosean Pada Materi ASEAN. JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 9(01), 16-31. https://doi.org/10.56406/jkim.v9i01.177
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59214
Article Metrics
Abstract view : 65 timesPDF - 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yunita Sari, Farizal Imansyah, Anggria Septiani Mulbasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id