ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V-B SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T. A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui: kreativitas siswa, peran dan kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran seni rupa. Analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa aspek kognitif dan afektif masih kurang. Kriteria kreativitas siswa pada nilai 68-100 (kreatif) berjumlah 8 orang, nilai 33-67 (cukup kreatif) berjumlah 3 orang, dan nilai <33 (kurang kreatif) berjumlah 12 orang. Dalam meningkatkan kreativitas siswa guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator, model/teladan, dan pendorong kreativitas. Guru mengalami kendala kurangnya sarana prasarana, kurangnya minat belajar siswa, dan kesulitan ekonomi orang tua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, P., Purnomo, T. W., & Aulia, S. M. (2022). Pengembangan Kreativitas Seni dan Budaya di SD. Medan: Pena Persada
Afriadi, P., & Aulia, S. M. (2019). Seni Rupa Anak yang Meng-Humanis. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.
Inayah, F. (2023). Analisis Prinsip Seni Rupa pada Karya Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2287-2301. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8045
Ismail, I. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 11(2), 15–30. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al-qalam
Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 3(2), 15–25. https://dx.doi.org/10.33487/mgr.v3i2.4114
Maulana, I., & Mayar, F. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1141–1149. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.333
Ni'mah, A. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173-179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157
Nurdin dan Adriantoni. (2019). Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers
Ramadhani, F. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Pembelajaran Kolase Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SBdP. Journal of Business Theory and Practice, 10(2), 6. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/17
Salo, E. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif. 2022, 13–18. https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i2.2260
Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. 6(1), 35–42.
Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199-217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59352
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 125 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Miranda Agita Jabat, Putra Afriadi, Sorta Simanjuntak, Albert Pauli Sirait, Try Wahyu Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id