PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN, LANGKAH KELIMA MODEL DICK AND CAREY PADA LMS BPOM

Kiki Kurniati, Djono Djono

Abstract


Pengembangan kompetensi melalui platform pembelajaran mandiri IDEAS di BPOM telah memfasilitasi pemenuhan kewajiban pengembangan kompetensi (20 JP), tetapi belum optimal dalam mencapai peningkatan kompetensi yang menyeluruh. Keterbatasan utama terletak pada penggunaan metode evaluasi pretest dan posttest, yang dirasa kurang mampu menggambarkan penerapan pengetahuan secara praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas instrumen penilaian lain, yaitu refleksi dalam evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi materi oleh pegawai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis data dari pretest, posttest, dan feedback formulir evaluasi. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor posttest dan preferensi peserta terhadap metode evaluasi yang lebih interaktif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan refleksi tidak hanya memperkaya proses evaluasi tetapi juga memfasilitasi pembelajaran yang lebih adaptif dan berkesinambungan.

Keywords


IDEAS; Pengembangan Kompetensi; Refleksi dalam Pembelajaran; Evaluasi Pembelajaran; Analisis Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Riandy, & Agusta. (2022). Development of Learning Outcomes Assessment Instruments Using Computer Based Test (CBT). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 255-267. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3070

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204–216.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102

Boud, D., Keogh, R., & Walker, D. (1985). Reflection: Turning experience into learning. Kogan Page.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.

Darling-Hammond, L. (2014). Next generation assessment: Moving beyond the bubble test to support 21st century learning. Jossey-Bass.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson.

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2010). Evaluation of evidence-based practices in online learning: A meta-analysis and review of online learning studies. U.S. Department of Education.

Noddings, N. (2013). Education and Democracy in the 21st Century. Teachers College Press.

Popham, W. J. (2009). Assessment literacy for teachers: Faddish or fundamental? Theory into Practice, 48(1), 4-11. https://doi.org/10.1080/00405840802577536

Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.

Schreiber, B., & Berge, Z. L. (2017). If you build it, will they come? A case study of digital spaces and the training of instructional designers. Journal of Asynchronous Learning Networks, 21(2), 15-33.

Taras, M. (2005). Assessment – summative and formative – some theoretical reflections. British Journal of Educational Studies, 53(4), 466-478. https://doi.org/10.1111/j.1467-8527.2005.00307.x

William, D. (2011). Embedded formative assessment. Solution Tree Press.

Zhao, Y., Pugh, K., Sheldon, S., & Byers, J. L. (2020). Conditions for classroom technology innovations. Teachers College Record.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59383

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kiki Kurniati, Djono Djono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Universitas Negeri Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id

 
slot gacor slot