PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Ratna Niken Anggraeni, Prana Dwija Iswara, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa yang kurang terampil menulis permulaan dengan gejala belum lancar menulis, tulisan yang tidak terbaca. Maka sebuah media pembelajaran dari Google Sites dengan elemen video, gambar, teks, dan tautan dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilannya. Instrumen digunakan untuk mengukur validitas media diantaranya panduan wawancara, lembar validasi ahli media dan materi, serta lembar penilaian media audio visual menulis permulaan. Penelitian ini merupakan perencanaan dan pengembangan DnD (Design and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari validator, guru dan siswa berada di penilaian ≥ 80% (valid). Penelitian ini menguatkan temuan agar guru memperhatikan media digital (elektronik) dalam pembelajaran, menggunakan gawai, dan terkoneksi dengan internet.


Keywords


Media Pembelajaran; Audio Visual; Menulis Permulaan

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Aprilia, Z. D., Suhartini, D. Y., & Sulistiani, R. (2022). Pengembangan Aplikasi “Cermin” untuk Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam di Sekolah Dasar Kelas V. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 89-99. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7425

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Pendamping Games Edukatif Wordwall Untuk Materi Pai Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 28-41. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.9375

Aeni, A. N., Nofriani, A. N., Fauziah, I. A., & Fauzi, I. A. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279-287.

Agustina, D. B., Ramadhani, N., Maharani, P. A., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Capcut Tentang Amas (Ayo Menjadi Anak Shalih/Shalihah) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 4(1), 11-17.

Alfah, R. (2020). Perancangan Game Untuk Murid Sekolah Dasar Bergenre Arcade Disertai Materi Soal Pelajaran Dengan Model ADDIE. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(1), 22-28. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i1.2692

Antika, D., Khairunnisa, K., Damayanti, L., Saragih, S., & Lingga, M. F. (2023). PROBLEMATIKA SERTA UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS TINGGI SISWA MI/SD. Journal of Creative Student Research, 1(3), 422-432. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1928

Fadillah, M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan pemanfaatan media audio-visual di kelas rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 16-26. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453

Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.

Hadyanti, P. T. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 886-893. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2032

Latip, A. (2022). penerapan model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102-108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan media audio visual berbasis video pembelajaran pada siswa kelas iv di sdn cengklong 3. Pandawa, 3(2), 396-418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1272

Pitriani, N. R. V., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515-532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417

Pratidina, S. K., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Video Animasi Mengenal Pokok Pikiran Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2504-2516. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/8522

Puspita, N., Kesumawati, N., & Irawan, D. B. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPET PADA MATERI KERANGKA BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SD. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(2), 274. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55207

Putri, M. A., & Jusra, H. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Animasi Berbasis Canva Pada Peserta Didik Kelas Vi Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 164-174.

Rusmayana, T. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ADDIE INTEGRASI PEDATI DI SMK PGRI KARISMA BANGSA SEBAGAI PENGGANTI PRAKTEK KERJA LAPANGAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Rudi Hartono, Ed.). CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59610

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratna Niken Anggraeni, Prana Dwija Iswara, Ani Nur Aeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Universitas Negeri Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id

 
slot gacor slot