PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 081234 SIBOLGA

Disah Tri Ananda, Lidia Simanihuruk, Risma Sitohang, Naeklan Simbolon, Lala Jelita Ananda

Abstract


Media dapat menjadi faktor pendorong bagi peserta didik untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran spinning wheel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPAS di SDN 101768 Tembung. Metode ini dikembangkan mengikuti prinsip ADDIE dalam Research & Development. Hasilnya, media pembelajaran dikatakan sangat layak dan praktis untuk digunakan karena memiliki skor validitas 92%. Setelah diujicobakan pada peserta didik, media tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan skor ketuntasan kelas mencapai 83,33%.

Keywords


Hasil Belajar; Spinning Wheel; Media Pembelajaran; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C. Jakarta: Kemendikbud.

Shofiyani, A., Rahmawati, R. D., Rahmawati, K., & Ardiansyah, P. (2021). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Spinning Wheel Bagi Guru di Mi Miftahul Ma’ arif. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 154-159. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/2141

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulya, A. I. (2019). Pengembangan media pembelajaran game spinning wheel berbasis model 4d pada materi pelajaran alat panca indera manusia kelas v di sekolah dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/33339/

Widoyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.62083

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Disah Tri Ananda, Lidia Simanihuruk, Risma Sitohang, Naeklan Simbolon, Lala Jelita Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id