PENGARUH MODEL PjBL DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Amanda Nur Amalia, Rosmiati Rosmiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran IPAS yang kurang menarik untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila. Metode ceramah tanpa interaksi menyebabkan siswa cepat bosan dan aktivitas belajar menurun, menghambat penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh, keterlaksanaan modul, dan respon siswa terhadap model Project-Based Learning (PjBL) dengan metode role playing berbantuan komik dalam pembelajaran IPAS kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen satu kelompok dengan pretest-posttest di SDN Kebondalem Mojosari, dengan sampel 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji t berpasangan (Paired Sample T-Test) dengan SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0.000, lebih kecil dari 0.05, yang berarti ada pengaruh signifikan model PjBL dengan metode role playing berbantuan komik dalam meningkatkan profil pelajar Pancasila.

Keywords


Model PjBL; Role Playing; Profil Pelajar Pancasila; IPAS

Full Text:

PDF

References


Ariani, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pemahaman Kognitif dan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). https://repository.unissula.ac.id/28693/

Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD negeri karundang 2. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/13124/0

Azizah, N. S., & Armariena, D. N. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5965-5978. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1385

Deeng, L. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Gmim V Tomohon. Edu Primary Journal, 2(2), 96-108. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/1289

Fitriyanti, E. F. E. F. E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 91-94. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.982

Khanifah, L. N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Cerita Rakyat Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1). https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.488

Latul, R. (2022). Penerapan Media Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23644/

Nurjannah, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDIT Darul Fikri Tanjung Balai Kecamatan Datuk Bandar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Nadhifah, Y., Zannah, F., Fauziah, N., Pikoli, M., Asyhar, A. D. A., Yanti, M., ... & Hizqiyah, I. Y. N. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Global Eksekutif Teknologi.

Octaviana, A., & Dewi, C. Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Rahmat hidayat, A. (2019). ilmu pendidikan konsep,teori,dan aplikasinya. LPPI.

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197-206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Rosmiati, R., Jatmiko, B., & Madlazim, M. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL COOPERATIVE UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR FISIKA SMA KELAS XI. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 3(1), 294-298. https://doi.org/10.26740/jpps.v3n1.p294-298

Rosmiati, R., Tati, A. D. R., & Arifuddin, A. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) KELAS III UPT SD NEGERI 3 SEREANG. Global Journal Teaching Professional, 1(4), 472-477. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/711

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi implementasi program profil pelajar pancasila di smp swasta sultan agung pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282-289. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.62287

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amanda Nur Amalia, Rosmiati Rosmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Universitas Negeri Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id

 
slot gacor slot