ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DI SDN 5 NGABUL PADA RAPOR PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024

Achmad Toha, Erna Zumrotun

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan numerasi peserta didik SD Negeri 5 Ngabul pada rapot pendidikan tahun ajaran 2023/2024 dalam memepersiapkan peserta didik kelas V dalam mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini dikumpulkan  melalui tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang mengikuti kegiatan Asesmen Nasiona, wali kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 5 Ngabul. Hasil penelitian menunjukan melalui komitmen kerjasama sekolah, peserta didik,  guru, orang tua dalam mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan asesmen nasional (AN), Diterapkannya rapot pendidikan membantu SD Negeri 5 Ngabul dalam menganalisis persoalan terkait pemahaman numerasi peserta didik yang rendah dengan menentukan strategi dalam meningkatkan kemampuan numerasi seperti perbaikan lingkungan belajar, perencanaan berbasis data, pelatihan dan kolaborasi, penyediaan sarana dan infrastruktur penunjang asesmen nasional (AN), monitoring dan evaluasi, sehinga dengan berbagai langkah yang ditempuh tersebut pada rapot pendidikan tahun 2023 mengalami peningkatan pada bidang numerasi peserta didik dengan presentase keberhasilan 83,33% dari sebelumnya 77,33% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum.


Keywords


Rapot Pendidikan; Numerasi; Asesmen Nasional (AN).

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, B. (2023). Profil Capaian Iklim Kebhinekaan Jenjang Sekolah Dasar di Provinsi NTB Berbasis Rapor Pendidikan 2023. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 130-136. https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/semesta/article/view/91

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1), 10-19. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1350

Indahwati, R., Hafsi, A. R., Jannah, U. R., & Kurniati, D. (2023). Analisis Delta Rapor Pendidikan dan Penyusunan ARKAS pada Kurikulum Merdeka. NGABDIMAS UNIRA, 3(2), 10-18.

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156–164.

Musakirawati, M., Jemmy, J., Anggriawan, F., Triansyah, F. A., Akib, A., & Tahir, A. (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap Perencanaan Berbasis Data. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 201–208. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p201-208

Rohim, A., & Rofiki, I. (2024). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.893

Rubiherlan, Y., Pristi, M., Nursanti, F. E., Handayani, S., & Muchtar, H. S. (2024). Pemanfaatan Rapor Pendidikan Pada Pengembangan Program di SDN Puncak 2. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 165–169. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10610

Setianto, A., & Tias, W. P. (2024). Peluang Dan Tantangan Perencanaan Berbasis Data Dengan Memanfaatkan Rapor Pendidikan Di Sdn Kabupaten Kendal. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4035–4047. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14052

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Shohifah, F., Murtadlo, M., & Handayaningrum, W. (2024). Perencanaan Peningkatan Mutu di SD Labschool Unesa 2 Surabaya. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 888–895. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3514

Sutrisna, A. A., Ruswandi, D. N. A., Tambunan, P. S., Maysyarah, M., & Khairunnisa, K. (2024). Analisis Permasalahan Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(4), 20828–20834. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6206

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478–486. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Yuliejantiningsih, Y. (2022). Akuntabilitas Pendidikan Di Kabupaten Kendal Berbasis Rapor Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan. 3, 1–21. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3421




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.62291

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Toha, Erna Zumrotun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id