Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas V SD Negeri No. 054905 Paya Redas

Sukamin Sitepu

Abstract


Abstrak : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas V SD Negeri No. 054905 Paya Redas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division di kelas V SD Negeri No. 054905 Paya Redas. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa 1)  Aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division berdasarkan pengamatan kedua pengamat mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 2) Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division meningkat dari siklus I ke siklus II.

                                                                                                                                    

Kata Kunci Model Pembelajaran STAD, Aktivitas Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v1i2.6294

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International