Studi Kritis Tentang Perspektif Filsafat Pendidikan dan Dampaknya Terhadap Gaya Mengajar Guru
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64262Keywords:
Filsafat, Gaya Mengajar, PendidikanAbstract
Beberapa aliran filsafat pendidikan akan memiliki dampak terhadap gaya belajar yang digunakan dari seorang pendidik, misalnya dalam melakukan interaksi bersama dengan peserta didik. Tujuan penulisan ialah memberikan hasil analisa terkait dengan studi kritis tentang perspektif filsafat pendidikan dan dampaknya terhadap gaya mengajar guru. Metode penulisan ialah menggunakan penelitian kualitatif. Hasil dan simpulan ialah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas dipengaruhi oleh aspek gaya mengajar serta filosofi pendidikan. Melalui penerapan terkait filosofi pendidikan mampu memberikan pengetahuan terkait metode ataupun strategi yang dapat digunakan pendidik melalui penerapan beberapa prinsip dalam pembelajaran.References
Abeer, A. E. (2024). Relationship between Educational Philosophy and Teaching Styles of Nursing Educators. Alexandria Scientific Nursing Journal, 16(1), 57–74. https://doi.org/10.21608/asalexu.2014.205577
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Dermawan, A., Syaifullah, L., & Jalinus, N. (2021). Pengaruh filsafat pendidikan terhadap strategi pembelajaran dalam pendidikan teknologi kejuruan. Southeast Asian Journal of Technology and Science, 2(2), 100–103. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/810365700
Dewi, V. F. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru Dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qu’Ran Hadis Di Mts N 01 Kepahiang. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Diyati, H., & Muhyadi, M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah Di SDN Kwayuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28–43. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2407
Hasmar, A. S., & Ismail. (2024). Filsafat pendidikan dan berbagai tipe guru. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 359–365.
Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Pratiwi, S. H., & Dewi, R. (2023). Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 35–48.
Isnaintri, E., Faidhotuniam, I., & Yuhana, Y. (2023). Filsafat Realisme Aristoteles: Mengungkap Kearifan Kuno dalam Implementasi Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 247–256.
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Widya Astuti, A. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211
Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At_Tazakki, 6(2), 255–270.
Nikma, S., & Rozak, A. (2023). Kurikulum merdeka dalam tinjauan filsafat pendidikan. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 36–48.
Nugraha, M. S., Hasbullah, M., & Dedih, U. (2024). Landasan Filosofis – Teologis dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Widya Borneo, 7(1), 81–87. https://doi.org/10.56266/widyaborneo.v7i1.292
Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., Rahmadiani, O., & Azzahra, M. (2024). Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137–144. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.173
Pujawardani, H. H., Hasan, M., & Saefurridjal, A. (2023). Implikasi Paradigma Aliran-Aliran Filsafat Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sekolah. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 209–224.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.
Urrete, J. (2023). The Impact Of Educational Philosophies On Teaching Practices: A Study On The Reflection Of Different Philosophies In The Classroom. International Journal For Multidisciplinary Research, 5(5), 1–7. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i05.7771
Wahyudi, A., & Ayun, D. (2024). Tinjauan Cabang Filsafat (Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi) dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Patengteng 1. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.625
Yugo, T. (2024). Upaya Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam Meningkatkan Kenyamanan Belajar Siswa. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI), 2(2), 91–108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizky Aprilliani Nurdin, Ismail Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)