Perspektif Filsafat Pendidikan Pragmatisme dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64263Keywords:
Filsafat Pragmatisme, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Abad 21Abstract
Artikel ini mengkaji filsafat pendidikan pragmatisme dalam konteks Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran di abad 21. Kurikulum Merdeka dirancang sebagai respons terhadap tantangan pembelajaran yang dihadapi di Indonesia pada era ini. Konsep pendidikan pragmatisme berfokus pada pengembangan individu anak agar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, serta mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam hidupnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka sejalan dengan perspektif pragmatisme. Filsafat pragmatisme memberikan dasar yang kokoh bagi pelaksanaan Kurikulum Merdeka.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Anwar, A. (2022). Media sosial sebagai inovasi pada model PjBL dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 239–250.
Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 revisi di masa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 118–126.
Bellucci, F. (2020). Charles S. Peirce. Selected Writings on Semiotics, 1894–1912 (Vol. 21). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology studentsâ€TM critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451–457.
Falah, R. Z. (2017). Landasan Filosofis Pendidikan Perspektif Filsafat Pragmatisme dan Implikasinya dalam Metode Pembelajaran. Jurnal Filsafat, 5(2), 374–392.
Firmanto, A., Degeng, I. N. S., Rahmawati, H., & Chusniyah, T. (2019). Pragmatism-Philosophy of John Dewey’s Education: Role and Position in Learning Information Literacy (Study in Educational Psychology). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 349(Iccd), 111–117. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.31
Gelen, I. (2018). ACADEMICIANS’PREDICTIONS OF 21st CENTURY EDUCATION AND EDUCATION IN THE 21st CENTURY. European Journal of Education Studies.
Gutek, G. L. (2012). An historical introduction to American education. Waveland Press.
Khoiri, A., Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., & Sunarsi, D. (2021). 4Cs analysis of 21st century skills-based school areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 12142.
Kids, B. for. (2019). Framework for 21st century learning definitions. Battelle for Kids.
Kosasih, A. (2022). Filsafat Pendidikan Pragmatisme Telaah Atas Teori Manajemen Pendidikan John Dewey. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 98–109.
Manalu, J. (2022). Program pendidikan guru penggerak: pijakan kurikulum merdeka sebagai implementasi merdeka belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(1), 129–138.
Mutiani, M., & Putro, H. P. N. (2022). Kajian Empirik Pendidikan dalam Latar Peristiwa Masyarakat Tradisional, Modern, dan Era Globalisasi. March.
Ningrum, R. C., Arini, R., & Hidayat, S. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Pragmatisme. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir, S. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390–404.
Nurmalina, N., & Wahab, M. A. (2024). Filsafat Idealisme dalam Pendidikan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1663–1670.
Oktasari, D., Jumadi, J., Warsono, W., Hariadi, M. H., & Syari, E. L. (2019). 3D Page-flipped worksheet on impulse-momentum to develop students’ scientific communication skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 211–219.
Prayogi, A. (2022). Ruang Lingkup Filsafat Sejarah dalam Kajian Sejarah. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 4(1), 1–10.
Priyanto, D. (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praksis Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 177–191.
Purba, M. K., & Chrismastianto, I. A. W. (2021). Peran Guru Kristen Sebagai Penuntun Siswa Memulihkan Gambar dan Rupa Allah Dalam Kajian Etika Kristen [The Role of Christian Teachers in Guiding the Students to Restore the Image and Likeness of God from the Perspective of Christian Ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 83–92.
Putri, N. I. (2023). HAMBATAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BROSOT. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 51–60.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rai, P. C., & Lama, R. (2020). Pragmatism and its contribution to education. International Journal of Creative Research Thoughts, 8(3), 1844–1847.
Saifullah, A. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10821–10832.
Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, S., Wula, P., Purba, B., Purba, S. R. F., & Kato, I. (2021). Filsafat pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sasmita, O. T., Narut, F., Baci, R., Pgsd, P., Santu, U., Ruteng, P., & Yani, J. J. A. (2020). Peran guru kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Februari, 1(1), 2721–0294.
Suprapto, P. K., Bin Ahmad, M. Z., Chaidir, D. M., Ardiansyah, R., & Diella, D. (2018). Spatial intelligence and studentsâ€TM achievement to support creativity on visuospatial-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 224–231.
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Huznul Amalia S, Ismail Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)