Peran Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Khususnya Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Ajeng Klarica Todingan Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64297

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Karakter sopan santun dikalangan peserta didik semakin hari makin mengalami penurunan yang drastis. Oleh karena itu dibutuhkan profil pelajar Pancasila yang dikaitkan dengan filsafat Pendidikan. Melalui pendekatan studi pustaka, analisis dilakukan terhadap konsep filsafat pendidikan yang didalamnya mencakup kegiatan pembelajaran yang memberikan pedoman. Berguna sebagai pedoman, landasan, tujuan, dan metode hidup bangsa terutama perbaikan karakter peserta didik khususnya di Indonesia Strategi implementasi meliputi integrasi kurikulum, teladan moral kepada guru, pembelajaran kontekstual, dan penguatan multikulturalisme. Hasilnya menunjukkan bahwa filsafat pendidikan mampu menciptakan generasi yang kompeten secara akademik, bermoral, dan mampu beradaptasi dengan tantangan global tanpa kehilangan identitas budaya. Kesimpulan ini menegaskan pentingnya filsafat pendidikan sebagai landasan strategis dalam membangun karakter bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

Author Biographies

Ajeng Klarica Todingan, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana

Ismail Ismail, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana

References

Anita, Y., Waldi, A., Akmal, A. U., Kenedi, A. K., Hamimah, H., Arwin, A., & Masniladevi, M. (2022). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis social and emotional learning untuk meningkatkan nilai profil pelajar pancasila siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7087–7095.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Aristiawan, A., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Indusri 4.0 Dan Human Society 5.0 Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133–141.

Hapsari, D. B., Riswana, H. A., Aditya, W. P., & Maulidia, W. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Materi Hitung Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 325–339.

Indriani, E., Erita, Y., & Henita, N. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKIF FILSAFAT IDEALISME. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2274–2284.

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi nilai karakter diponegoro dalam pembelajaran untuk membentuk profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Kebudayaan, 16(1), 25–42.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai implementasi kurikulum merdeka: Faktor penghambat dan upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3780

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.

Sam, A., Tarsan, V., & Edu, A. L. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 65–72.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal bali dalam membentuk profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182–6195.

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84–90.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sufyadi, S. (2022). Memaknai Merdeka Belajar. J-INSTECH, 3(1), 10–17.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suzetasari, M. V., Hidayati, D., & Zakiyah, R. H. (2023). Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2968–2976.

Trifananta, S. A., & Astuti, E. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kampus Mengajar 5 di SDN Banjarpanjang 2 Kabupaten Magetan. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2(2), 603–614.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Todingan, A. K., & Ismail, I. (2025). Peran Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Khususnya Profil Pelajar Pancasila. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 258–264. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64297

Issue

Section

Articles