Pemanfaatan Simulasi Interaktif Phet Wave Interference Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Eksperimen Celah Ganda Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64298Keywords:
Eksperimen Celah Ganda, Interferensi Cahaya, Pola Difraksi, Simulasi Phet, Pembelajaran FisikaAbstract
Eksperimen celah ganda merupakan salah satu demonstrasi fundamental dalam fisika yang menunjukkan sifat gelombang cahaya melalui fenomena interferensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap eksperimen celah ganda, tantangan yang dihadapi, serta efektivitas penggunaan simulasi PhET dalam pembelajaran. Penelitian ini Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED angkatan 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep yang abstrak seperti interferensi cahaya dan pola difraksi. Namun, penggunaan simulasi PhET secara signifikan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa dengan memberikan visualisasi interaktif terhadap fenomena yang sulit diamati secara langsung. Simulasi ini memungkinkan modifikasi parameter eksperimen untuk memperjelas konsep pola terang-gelap pada interferensi dan difraksi. Penelitian ini merekomendasikan integrasi lebih luas dari simulasi PhET dalam pembelajaran fisika untuk mendukung pemahaman konsep abstrak dan meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa.References
Agustina, R. D., Andhika, S., Cesariyanti, Y., Putra, R. P., Putri, A., & Dermawan, M. D. S. (2022). Penggunaan PhET virtual lab dalam uji jarak pola gelap terang pada interferensi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(2), 161–168.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Azizaturredha, M., Fatmawati, S., & Yuliani, H. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) untuk meningkatkan hasil belajar, keterampilan proses sains dan minat belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 1–5.
Duffy, J., & Loch-Temzelides, T. (2021). A double-slit experiment with human subjects. Plos One, 16(2), e0246526.
Hidayati, A. K., Izzulhaq, A., Oktamaypasha, R., & Rini, S. B. I. (2024). DIY Innovations in Quantum Physics: Proving Light Dualism with Photoelectric Effect and Double Slit Experiments. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 4(1), 17–30.
Jehadu, V., Warsito, A., Johannes, A. Z., & Louk, A. C. (2020). Visualisasi fenomena kombinasi difraksi dan interferensi pada celah ganda memanfaatkan metode secant berbasis pemrograman delphi. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya, 5(2), 156–162.
Kazemi, M., & Hosseinzadeh, V. (2023). Detection statistics in a double-double-slit experiment. Physical Review A, 107(1), 12223.
Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 65–69.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, R. H. R., Rasendriya, A. B., Hertanto, T. L., & Murniati, R. (2023). Penentuan Panjang Gelombang dalam Interfersensi Celah Ganda dengan Menggunakan PHET Colorado. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (E-SNST), 5(1).
Panuluh, A. H., Atmajati, E. D., & Sulandari, S. A. (2020). Otomatisasi Eksperimen Interferensi Tiga Celah. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 17(2), 119–124.
Peng, H. (2021). Experimental Study of Mystery of Double Slit---Comprehensive Double Slit Experiments. International Journal of Physics, 9(2), 114–127.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14.
Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh penggunaan media simulasi phet (physics education technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilawati, A., Yusrizal, Y., Halim, A., Syukri, M., Khaldun, I., & Susanna, S. (2022). The effect of using physics education technology (PhET) simulation media to enhance students’ motivation and problem-solving skills in learning physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1157–1167.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazwa O Aiska Purba, Syalomita Sihite, Yepta S. Lumban Raja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)