Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Dualisme Cahaya dengan Bantuan PHET
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64301Keywords:
Fisika, Dualisme Cahaya, PHETAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasiahaman mahasiswa Fisika mengenai konsep dualisme cahaya dan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan kuisioner yang disebar secara daring kepada tiga mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Medan yang telah menempuh mata kuliah Fisika Kuantum. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, kategorisasi tema, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman dasar tentang dualisme cahaya sebagai sifat gelombang dan partikel, tetapi masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep tersebut secara mendalam, terutama terkait persamaan Planck-Einstein. Penerapan simulasi PhET terbukti efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa, dengan hasil menunjukkan kemajuan signifikan setelah interaksi dengan simulasi. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya integrasi teknologi dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep kompleks dan relevansi ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ashby, M. F. (2022). Materials and sustainable development. Butterworth-Heinemann.
Galvez, D., Castro, M., Bittencourt, G., Carvalho, V., & Allende, S. (2023). Magnetic Bimerons in Cylindrical Nanotubes. Nanomaterials, 13(21), 2841.
Khumaeni, A. (2022). Buku Ajar Fisika Modren. Yogyakarta: DIVA Press.
Lestari, P., Gutji, N., & Yaksa, R. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Adhyaksa I Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9027–9039. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3214
Mogi, H., Mandang, T., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Efek Fotolistrik Berbasis Virtual Laboratory Dengan Model Discovery Learning. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 69–74.
Muna, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di SMP Negeri 23 Pontianak. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 15–23.
Pranata, O. D. (2024). Physics Education Technology (PhET) as a Game-Based Learning Tool: A Quasi-Experimental Study. Pedagogical Research, 9(4).
Rugaya, R., Megalina, Y., & Hutahaean, J. (2022). Fisika Modern.
Sudarsih, S. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Metode Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Madurejo: Improvement Of The Quality Of Science Learning Material On The Properties Of Light Through The Application Of Contextual Methods To Grades V Students Of SD Negeri 4 Madurejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 44–48.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widyastuti, I., Nanang Winarno, Emiliannur, E., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978
Yaz, M. A. (2007). Fisika 1. Jakarta: Yudistra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dea Friscillia Br Sembiring, Erwin Alfrido Nababab, Tina Suryanu Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)