Peran Simulasi PHET dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Fenomena Dualisme Partikel-Gelombang
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64315Keywords:
Simulasi PHET, Fisika, Fenomena Dualisme Partikel-GelombangAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi dalam pengajaran fisika modern, terutama dalam menyampaikan materi yang kompleks seperti dualisme gelombang-partikel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis kesulitan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan dalam memahami konsep dualisme partikel-gelombang melalui simulasi berbasis PhET (Physics Education Technology). Hasil penelitian menunjukkan tantangan utama dalam memahami dualisme partikel-gelombang adalah kompleksitas teoritis dan kurangnya alat bantu yang relevan. Dengan mengadopsi metode pengajaran yang lebih interaktif dan menggunakan sumber belajar tambahan yang efektif, diharapkan mahasiswa dapat mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dan memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap fisika kuantum. Penelitian ini memberikan landasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan fisika kuantum di tingkat universitas.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Darojat, Y., Suyanto, E., & Suana, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Dualisme Gelombang Partikel. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(1), 117398.
Hanam, E. S., Van Harling, V. N., Agustina, E. B., Budirohmi, A., Rismawati, E., Pada, S. S., Agustine, D., Afrida, J., Irvani, A. I., & Arifuddin, W. (2024). Elektron dalam Atom. MEGA PRESS NUSANTARA.
Handayani, A. A. A. T., Muhali, M., & Pahriah, P. (2024). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Laju Reaksi. Multi Discere Journal, 3(1), 1–10.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299–311.
Ritonga, M., Sartika, R., & Wijaya, A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Personal di Era Society 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 163–170.
Sani, R. A., & Kadri, M. (2022). Fisika kuantum. Bumi Aksara.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sitorus, Z., Renyaan, A. S., SI, S., Kmurawak, R. M. B., & Lokollo, P. D. (2024). Tinjauan mendalam tentang ilmu komputer: konsep dasar, algoritma, dan perkembangan terkini: buku referensi. PT. Media Penerbit Indonesia.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susanti, L., Handriyantini, E., & Hamzah, A. (2023). Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. Penerbit Andi.
Widyastuti, I., Nanang Winarno, Emiliannur, E., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978
Wulandari, A. Y. R. (2012). Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Dipandu Dengan Animasi Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar Siswa (Materi Pemantulan Cahaya Kelas Viii Semester 2 Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012). UNS (Sebelas Maret University).
Yusuf, I. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual pada materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ropinur, Silvi Anggraini, Sry Maharany Pepayosa Br Perangin Angin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)