Upaya Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Kolaborasi Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Ngijo 02

Authors

  • Hana Cahyana Universitas Negeri Semarang
  • Sherly Putri Fauzika Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang
  • Rina Nuraeni Universitas Negeri Semarang
  • Farinda Malikha Saputri Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64321

Keywords:

Minat Belajar, Pendidikan Pancasila, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Ngijo 02 dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Ngijo 02 pada materi aturan di lingkungan keluarga melalui kolaborasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas menurut Coast (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi) dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian membuktikan bahwa kolaborasi media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Ngijo 2 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Author Biographies

Hana Cahyana, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Sherly Putri Fauzika, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Susilo Tri Widodo, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Rina Nuraeni, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Farinda Malikha Saputri, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

References

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546.

Andriani, K. M., Maemonah, & Wiranata, R. R. S. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 9(2), 101–116. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 4(1), 6–11.

Fuad, Z. Al, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42–54.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Riyana, S., Retnasari, L., & Supriyadi, A. (2020). Penggunaan Benda Konkret Sebagai Media untuk Meningkatkan Keterampilan Menghitung Pada Pembelajaran tematik Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan Respository, 1623–1629.

Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Rifqi, A. (2023). Pemanfaatan Wordwall dalam MEningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri Gisikdrono 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 1812–1825. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2135

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2), 55–70.

Sudaryani, E., Nadziroh, & Yudiharyanto. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 di SDN Tegalrejo 2. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, 3(1), 2125–2131.

Sudrajat, R., & Astuti, C. B. (2023). Penerapan Empat Elemen Kunci dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Capaian Pembelajaran di Fase D Kelas Vii. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.26877/civis.v12i1.14579

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Wahyuningrum, F. N., Widiawati, R., Widodo, S. T., & Azizah, W. A. (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(01), 2137–2148. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2191

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022). Meningkatkan pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar melalui direct interactive workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489–496.

Zakso, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. J-PSH Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916–922. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hana Cahyana, Sherly Putri Fauzika, Susilo Tri Widodo, Rina Nuraeni, & Farinda Malikha Saputri. (2025). Upaya Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Kolaborasi Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Ngijo 02. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 762–773. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64321

Issue

Section

Articles